Zakir Naik, Siapakah Beliau? Ini Biografinya

Zakir Abdul Karim Naik atau sering dipanggil Zakir Naik adalah seorang da'i, pembicara umum dan penceramah internasional. Profesi awal beliau adalah seorang dokter bedah, berasal dari india.

Biografi Zakir Naik


Lebih jelasnya, berikut ini biografinya:

Zakir Abdul Karim Naik (Zakir Naik)
Zakir Abdul Karim Naik (Zakir Naik)

Nama : Zakir Abdul Karim Naik (Zakir Naik)
Asal : Mumbai, Maharashtra India.
Tanggal Lahir : 18 Oktober 1965
Pendidikan : Ilmu Perbandingan Agama (Comparative Religion Studies) dan Sarjana Kedokteran dan Bedah.
Pekerjaan : Ketua Yayasan Penelitan Islam (Islamic Research Fondation/IRF), Pembicara Umum, Da'i.
Agama : Islam
Penghargaan : Penghargaan Internasional Raja Faisal untuk Pelayanan Islam tahun 2015
Situs Web : www.irf.net dan www.peacetv.tv

Sejak tahun 1991 beliau mulai menjadi pembicara islam dan ulama yang terlibat dalam dakwah dan islam dan perbandingan agama. Kegiatan ini masih b

Tujuan beliau adalah untuk berbicara mengenai islam kepada para non muslim dan mengklarifikasi kesalahpahaman tentang islam itu sendiri.

Menurutnya, apa yang ia lakukan terinspirasi dari Ahmed Deedat yang telah aktif berdakwah selama 40 tahun.

Ceramah, Debat dan Kontroversi

Sebagai seorang da'i dan ahli dalam ilmu perbandingan agama, Zakir Naik telah banyak melakukan ceramah dan debat keagamaan di seluruh dunia yang kontroversial terhadap umat non muslim. Hal ini dilakukan demi mengklarifikasi pemahaman keliru terhadap islam.

Berikut ini beberapa ceramah dan debat yang telah dilakukannya:

  1. Tahun 2004, mengunjungi Selandia Baru dan Australia atas undangan Islamic Information and Services Network of Australia.
  2. 1 April 2005, terlibat debat dengan William Campbell dengan topik pembicaraan Islam dan Kristen dalam Konteks Ilmu Pengetahuan.
  3. 21 Januari 2006, melakukan dialog antar agama Sri Sri Ravi Shankar. Acara ini mengenai konsep tuhan dalam Islam dan Hinduisme yang diadakan di Bangalore, India yang dihadiri oleh 50.000 peserta di Palace Grounds.
  4. Agustus 2006, kunjungan dan konferensi Zakir Naik di Cardiff (Britania Raya) menjadi obyek kontroversi ketika MP (anggota parlemen) Waled David Davies mencoba membatalkan acara tersebut. Namun konferensi tersebut tetap berjalan setelah dibantu oleh Sekretaris Jenderal Muslim Council of Wales, Saleem Kidwai.
  5. Setelah ceramah Paus Benediktus XVI pada bulan September 2006, Zakir Naik menentang debat publik dengannya namun ditolak oleh Sri Paus.
  6. Nopember 2007, Islamic Research Fondation (IRF) mengadakan konferensi dan pameran internasional yang berlangsung selama 10 hari dengan tema konferensi damai bertempat di Somaiya Ground di Mumbai.

Peringkat


Berdasarkan yang dituliskan oleh Indian Express, terbitan 22 Februari 2009, mereka menulis "100 orang India terkuat". Diantara satu miliar penduduk India, Zakir Naik menempati posisi ke 82.

Dalam daftar 10 (Sepuluh) guru spiritual terbaik di India, Zakir Naik menempati posisi ke 3 setelah Baba Ramadev dan Sri Sri Ravi Shankar. Dalam peringkat itu, Zakir Naik merupakan satu-satunya muslim yang masuk dalam daftar tersebut.

Demikianlah sekilas tentang Zakir Abdul Karim Naik (Zakir Naik), semoga dapat menambah informasi untuk kita semua. Dalam tulisan kami selanjutnya akan membagikan informasi tentang pengetahuan yang disampaikan oleh beliau.

Posting Komentar