Info Seleksi CPNS Kemenkumham (Kementrian Hukum dan HAM) Tahun 2017

Masih seputar informasi pengumuman seleksi CPNS, namun kali ini mengenai pengumuman yang diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nomor : SEK.KP.02.01-490 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun Anggaran 2017.

Formasi


Pada pengumuman tersebut dapat dilihat bahwa terdapat 21 jenis jabatan yang disediakan dalam formasi penerimaan CPNS. Adapun alokasi formasi terdiri dari formasi Cumlaude sejumlah 346 orang, Disabilitas sejumlah 1 orang, Putra/Putri Papua dan Papua Barat sejumlah 280 orang serta formasi Umum sejumlah 16.899 orang. Jadi total formasi yang disediakan adalah sebanyak 17.526 orang.
Sementara jenis pendidikan yang dipersyaratkan pada formasi tersebut berfariasi seperti Ekonomi, Dokter, perawat, Manajemen, Hukum, Ilmu Komputer dan lain-lain.

Persyaratan Pelamar


Adapun persyaratan pelamar untuk menjadi CPNS sebagaimana yang tercantum pada pengumuman tersebut adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan;
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap n*vrk0t1k@ atau 0b@t-0b@tan terlarang atau sejenisnya;
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  • Pelamar merupakan lulusan:


  1. Dokter spesialis, Dokter Umum, Sarjana/S-1 dan Diploma III/D-III, dengan indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima). Khusus pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat IPK minimal adalah 2,50 (dua koma lima puluh);
  2. SLTA sederajat dengan nilai minimal pada ijazah rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B dan diutamakan memiliki ketrampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer). Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra Putri Papua dan Papua Barat dengan nilai minimal pada ijazah rata-rata 6,0 (enam koma nol) atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C dan diutamakan memiliki ketrampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer);


  • Usia pada tanggal 1 Agustus 2017:


  1. Minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun 0 bulan 0 hari untuk dokter spesialis dokter umum dan sarjana/S1;
  2. Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun 0 bulan 0 hari untuk Diploma III/D-III;
  3. Minimal 18 tahun dan Maksimal 28 tahun 0 bulan 0 hari untuk SLTA;


  • Tinggi badan untuk pelamar jabatan Analis Keimigrasian dan Pemeriksaan Keimigrasian:


  1. Pria Minimal 165 cm
  2. Wanita minimal 158 cm


  • Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan:


  1. Pria minimal 160 cm
  2. Wanita minimal 155 cm


  • Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma III/D-III dan SLTA sederajat yang mendaftar pada Kantor Wilayah haru sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP. Apabila pelamar yang domisilinya tidak sesuai dengan KTP dan ingin mendaftar pada wilayah domisilinya, wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili minimal 1 (satu) tahun pada wilayah tersebut.


Selebihnya mengenai tata cara pendaftaran, tahapan seleksi, sistem kelulusan dan lain-lain dapat anda lihat pada pengumuman resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada PENGUMUMAN NOMOR: SEK.KP.02.01-490.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Info Seleksi CPNS Kemenkumham (Kementrian Hukum dan HAM) Tahun 2017"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel