Penerimaan CPNS Online Mulai 1 Agustus 2017, Ayo Persiapkan Diri

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi harapan banyak orang. Bagaimana tidak, pekerjaan inilah yang merupakan salah satu peluang untuk mendapatkan jaminan ekonomi di Indonesia. Terlebih bagi mereka yang sudah mengabdi menjadi tenaga kontrak maupun hanya sebagai Pegawai Harian Lepas (PHL) atau sejenisnya. Penerimaan CPNS menjadi idaman atau harapan yang ditunggu-tunggu.

Beberapa bulan lalu, terlepas dari mana asal informasinya, media online sempat dihebohkan dengan informasi tentang penerimaan Calong Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada lingkup Kementrian Hukum dan HAM, namun ternyata hal ini hanyalah informasi sepihak yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Penerimaan CPNS
Penerimaan CPNS

Nah, pada saat ini ada informasi yang sumbernya cukup terpercaya yaitu melalui web resmi BKN (bkn.go.id) yang memberikan informasi bahwa Pendaftaran Online CPNS Mulai 1 Agustus 2017.

Pada situs tersebut dinyatakan bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) merespon positif penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkama Agung (MA) yang disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) Asman Abnur sore hari (11/7/2017).

Berdasarkan info yang diberikan pada web resmi BKN bahwa Mohammad Ridwan, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN menyampaikan pada sela-sela peresmian UPT Palu.

Adapun formasi kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, dengan rincian 1.684 CPNS untuk MA dan 17.962 orang pada Kemenkumham.

Jumlah tersebut untuk mengakomodasi lulusan terbaik (cumlaude) sebanyak 468 orang dari Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang.

Pada saat ini, proses masih dalam tahap ketiga, yaitu tahap pengumuman lowongan, pada tanggal 11 - 13 Juli 2017. Ditambahkan pula oleh Ridwan sebagaimana yang dituliskan pada web BKN tersebut bahwa: "kami masih berkoordinasi dengan Kemenpan RB, Kemenkumham dan MA agar pengumuman ini dibuat sedetitl dan sebaik mungkin guna menghindari interpretasi yang salah dari masyarakat".

Saat ini BKN sedang menyiapkan infrastruktur pendaftaran CPNS online yang baru akan dibuka pada tanggal 1 - 31 Agustus 2017 pukul 10.00 melalui sscn.bkn.go.id.

Selain itu, Ridwan juga mengimbau kepada masyarakat agar hanya percaya pada informasi yang tersaji pada web Pemerintah dengan domain go.id. Khusus BKN, semua informasi akan dipusatkan pada web tersebut.

Posting Komentar