Cara Buat Blog di Blogger Terlengkap untuk Pemula

Cara buat blog di blogger terlengkap untuk pemula, itulah judul yang menurut saya tepat untuk tulisan ini.

Melalui tulisan ini saya akan berbagi pengalaman kepada para pembaca tentang cara membuat sebuah blog pribadi melalui fasilitas yang di sediakan gratis oleh google melalui platform Blogger.

Sebelum kita masuk pada cara bagaimana membuat blog, perlu teman-teman ketahui bahwa membuat blog di blogger secara gratis akan menghasilkan sub domain saja, contohnya subdomainanda.blogspot.com. Namun jangan khawatir dengan hal itu, karena suatu saat kita dapat merubah dengan Top Level Domain (TLD) sehingga alamat blog kita tidak ada lagi embel-embel blogspot. Caranya yaitu dengan membeli domain di penyedia domain lalu blog gratisan yang kita buat sebelumnya di upgrade ke domain yang kita beli tersebut.

Perlu pula teman-teman ketahui bahwa banyak tempat untuk membuat blog selain di blogger, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Contohnya wordpress, my wapblog, joomla, tumblr, dan lain-lain. Namun kali ini, sebagaimana judul yang saya berikan bahwa saya akan membagikan informasi tentang bagaimana membuat blog di blogger. Selain mudah, platform ini sudah cukup terkenal dan tentunya mudah diindex oleh google sehingga akhirnya akan ditemukan oleh pembaca melalui pencarian google.

Apakah Susah Membuat Blog di Blogger?


Pertanyaan ini pernah juga menjadi pertanyaan saya ketika awal mengenal blog. Tentunya pertanyaan ini mungkin pernah juga menjadi pertanyaan bagi teman-teman pembaca. Apalagi bagi yang memiliki ketertarikan atau hobi menulis dan ingin membagikan melalui blog namun belum tau cara membuatnya.

Awalnya saya ragu, namun setelah mencari beberapa tutorial di google akhirnya saya putuskan untuk mencoba membuat blog sendiri. Karena di beberapa tulisan menyatakan bahwa tidak susah membuat blog.

Akhirnya, setelah berhasil membuat, saya menyimpulkan bahwa tidak susah untuk membuat sebuah blog gratisan di blogger.

Apa yang Harus Dipersiapkan Ketika Membuat Blog?


Tidak banyak yang harus dipersiapkan. Cukup hanya mempersiapkan akses internet dan media untuk melakukan pengetikan seperti komputer atau laptop yang sudah terinstal software untuk browsing seperti mozila, google chrome, atau yang lainnya. Ya, itu saja.

Selain komputer, kita juga dapat menggunakan handphone. Namun kami sarankan bagi orang yang baru pertama kali membuat blog sebaiknya menggunakan komputer atau laptop karena lebih mudah dalam belajar serta tools lebih lengkap.

Lalu bagaimana dengan orang yang tidak punya beberapa hal tersebut di atas? Solusinya adalah silakan anda ke warnet. Di sana anda bisa mendapatkan fasilitas yang anda butuhkan. Atau anda bisa ke tempat-tempat lainnya seperti di kantor anda yang terdapat akses internet dan komputer atau nebeng pada teman anda.

Bagaimana Tahapan Pembuatan Blog?


Setelah kelengkapan yang kami sebutkan diatas sudah terpenuhi, maka giliran kita masuk pada tahapan pembuatan blog. Pada tahapan ini kita sudah siap untuk berselancar di dunia maya (online).

Secara garis besar tahapan pembuatan blog sesuai pengalaman saya adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan email yang akan terhubung ke blogger.
  2. Membuat akun dan login di blogger.
  3. Membuat nama, alamat dan tema (template) blog
  4. Membuat tulisan

Itulah langkah-langkah yang akan kami jelaskan satu persatu pada tulisan ini. Saya mencoba menjelaskan berdasarkan apa yang saya alami pertama pada saat membuat blog. Sebaiknya langsung praktek, atau tulisan ini disimpan dulu untuk dijadikan panduan pada saat anda akan praktek.

Menyediakan Email yang Akan Terhubung Ke Blogger


Tahapan ini dikhususkan bagi yang belum memiliki email. Dan kami sarankan sebaiknya menggunakan gmail agar langsung terintegrasi dengan akun blogger anda nantinya. Bagi yang sudah memiliki email seperti yang saya maksudkan, maka lewati tahapan ini.

Jika anda saat ini sudah di depan laptop atau komputer yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet, silakan buka browser pada komputer tersebut (mozila firefox, google chrome atau yang lainnya).

Mengenai langkah-langkahnya silakan lihat pada tulisan saya di Cara Membuat Email di Gmail Google.

Membuat Akun dan Login Di Blogger


Setelah membuat email, silakan login dan membuat akun di blogger. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Login ke blogger dengan cara mengunjungi www.blogger.com atau KLIK DISINI. Jika sebelumnya anda sudah login di google maka anda langsung dibawa ke beranda blogger. Kalau belum maka anda akan diminta untuk memasukkan email dan password anda. Yang pasti bahwa anda akan sampai pada halaman seperti yang tampak pada gambar berikut ini (biasanya tampilan sedikit berbeda):

Beranda Blogger Ketika Membuat Blog
Beranda Blogger Ketika Membuat Blog

Jika sudah sampai pada tahapan itu, silakan klik "Buat blog" atau "Masuk", maka anda akan mendapatkan halaman sambutan selamat datang dari Blogger. Langsung saja klik "Lanjutkan ke Blogger", maka anda akan melihat halaman seperti yang tampak pada gambar berikut:

Selamat datang di Blogger

Lanjutkan dengan klik BUAT BLOG BARU pada halaman yang muncul. Selanjutnya anda akan melihat halaman seperti berikut:

Nama, Alamat dan Tema Blog
Nama, Alamat dan Tema Blog

Membuat nama, alamat dan tema (template) blog


Pada tahapan seperti yang tampak pada gambar diatas kita akan membuat nama, alamat dan tema (template) blog. Berikut ini penjelasannya masing-masing:

  • Nama : silakan isi dengan nama blog anda. Usahakan nama blog singkat, jelas serta  menggambarkan isi dari keseluruhan blog anda.
  • Alamat : Buat alamat blog anda pada kolom ini. Ini merupakan alamat blog anda, ketika diketik di browser maka akan muncul blog anda. Yang anda isi sekarang adalah sub domain, dengan domain blogspot.com sehingga ketika anda membuat alamat blog anda akan jadi seperti mitrakesmas.blogspot.com, suarahati.blogspot.com atau namasubdomainanda.blogspot.com. Silakan buat sesuai selera anda, dengan catatan bahwa ketika pembuatan maka blogger akan memeriksa ketersediaan alamat blog yang anda buat. Jika masih tersedia maka akan muncul centang dan tulisan "Alamat blog ini tersedia". Usahakan alamat blog anda singkat, jelas, mudah diingat dan menggambarkan isi blog.
  • Tema : Silakan pilih salah satu tema (template) yang disediakan oleh blogger sesuai yang anda inginkan, sebagai contoh anda menggunakan tema Contempo. Tema (template) ini masih dapat dirubah, namun jika anda ada niat untuk mendaftar google adsense di kemudian hari, sebaiknya anda masih tetap menggunakan template bawaan blogger, karena menurut pengalaman kami dan pendapat beberapa blogger bahwa menggunakan template bawaan akan lebih mudah diterima di google adsense, nanti setelah sudah diterima oleh google adsense baru rubah templatenya sesuai yang diinginkan.

Jika ketiga langkah diatas sudah selesai, silakan klik "Buat blog!". Sampai disini anda sudah memiliki sebuah blog gratisan di blogger.com, namun anda belum memiliki tulisan apapun. Oleh karena itu silakan lanjut ke tahapan berikutnya.

Membuat tulisan


Sebelum anda mengedit beberapa aspek yang dibutuhkan, sebaiknya anda membuat dahulu sebuah postingan atau tulisan agar dapat melihat tampilan karya anda, karena tanpa tulisan awal maka yang tampil ketika blog anda diakses hanyalah sebuah halaman kosong. Kami yakin pasti ada rasa penasaran untuk melihat tampilan tulisan-tulisan anda, begitu pula saya saat pertama kali membuat blog.

Untuk membuat tulisan silakan klik "Entri baru", maka akan muncul halaman tempat anda menulis sebagaimana anda akan menulis pada ms. word.

Pada halaman tersebut ada beberapa elemen utama yaitu:
  • Judul tulisan: untuk membuat judul tulisan anda.
  • Publikasi : untuk mempublikasikan tulisan anda jika sudah selesai menulis.
  • Simpan : untuk menyimpan tulisan, biasanya jika menulis dalam mode online maka tulisan akan tersimpan otomatis.
  • Pratinjau : untuk melihat tampilan tulisan anda di browser sebelum dipublikasi.
  • Tutup : untuk menutup laman tempat menulis.
  • Compose dan HTML: untuk mengatur metode menulis. Metode Compose ketika akan menulis seperti menulis di ms. word, metode ini yang lebih sering digunakan den lebih nyaman. Metode HTML ketika akan menulis dengan menggunakan beberapa kode HTML, ini digunakan ketika kita akan mengedit suatu tampilan khusus.
  • Ruang tempat menulis: di sinilah kata demi kata kita rangkai untuk tulisan kita.
  • Setelan entri, terdiri dari label, jadwal, tautan permanen lokasi, deskripsi penelusuran dan pilihan.
Setelah anda membuat tulisan, silakan klik Publikasikan dan lihat tampilan blog anda dengan klik Lihat blog. Selamat, anda telah berhasil membuat sebuah blog sendiri.

Posting Komentar