Cara Screenshot di Laptop atau Komputer

Cara Screenshot di Laptop atau Komputer sudah sering dibahas di beberapa blog sebelah. Namun kali ini saya merasa perlu tetap membuatnya. Siapa tau masih ada yang belum puas atau mencari-cari cara lain atau bertepatan bertemu dengan blog Suara Hati.

Screenshot atau melakukan tangkapan layar atau copy layar laptop/komputer yang sedang aktif atau terlihat bagi pengguna memang sangat dibutuhkan, apalagi bagi seorang blogger atau para pengguna media online lainnya yang suka menyimpan file dalam bentuk gambar.

Cara melakukan screenshot di laptop atau komputer tidak semudah melakukan di Handphone. Walaupun tidak berbeda jauh, namun untuk melakukannya kita membutuhkan beberapa langkah.

Cara screenshot di laptop atau komputer tidak berbeda jauh antara merek laptop atau komputer yang satu dengan yang lainnya. Yang berbeda hanya tulisan pada keyboar, ada yang menggunakan PrtSc, ada juga yang menggunakan PrtSc Sys Rq, namun fungsi keduanya sama.

Kita langsung saja pada intinya, semoga dapat membantu.

Cara Screenshot di Laptop atau Komputer


Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Lihat atau sorot tampilan layar yang akan di copy, jika sudah sesuai maka tekan tombol PrtSc atau PrtSc Sys Rq pada keyboard laptop atau komputer anda. Tempatnya sebelah kanan atas pada keyboard.
Tombol Screenshot
  • Buka aplikasi yang akan dijadikan tempat mengedit gambar yang dihasilkan seperti paint, photoshop atau microsoft office picture manager atau photo editing lainnya. Jika anda menggunakan gambar tangkapan layar tersebut untuk diletakan pada ketikan anda di ms. word maka dapat langsung di paste pada lembar kerja tersebut, disana juga terdapat tools untuk memotong gambar (format > Crop). Berikut ini contoh gambar yang menggunakan paint:
Cara Screenshot di Laptop atau Komputer
  • Jika salah satu aplikasi tersebut sudah terbuka, silakan lakukan paste dan edit gambar yang ada sesuai keinginan.
  • Simpan gambar hasil editan anda dan anda telah memperoleh gambar yang anda inginkan. Mudah kan?


Secara ringkas langkah-langkah yang dilakukan adalah:
Sorot layar > Tekan PrtSc > Buka Aplikasi (Paint/Photoshop/Office Picture Manager > Paste > Edit > Simpan.

Demikianlah cara Screenshot di Laptop atau Komputer, semoga tulisan ini dapat membantu. Jika ada yang belum dipahami silakan tanyakan melalui kolom komentar.

Jika anda tertarik membuat blog silakan baca: .

Posting Komentar