Membuat Foto Tanpa Background Menggunakan Photoshop

Foto tanpa background sangat dibutuhkan. Baik sekedar untuk hiasan profil media sosial maupun untuk penggunaan lain yang mengutamakan keindahan. Seperti pembuatan cover sebuah buku, desain logo maupun yang lainnya.


Kalau dasar pembuatan foto tanpa background sudah diketahui, maka kita sudah memiliki ketrampilan tambahan lagi untuk melakukan pengeditan foto untuk kebutuhan lainnya. Karena dasar ini akan membantu kita untuk memahami cara kerja di photoshop.

Sebagai contoh penggunaan foto tanpa background adalah ketika kita menggunakan logo pada sebuah cover buku yang memiliki warna dasar selain putih maka logo tersebut akan berbentuk segi empat dengan pinggiran putih.

Contoh Foto Tanpa Background
Contoh Foto Tanpa Background

Pada tutorial ini menggunakan contoh foto macan. Selain itu kami lengkapi dengan video yang dapat anda tonton sendiri.

Namun sebelumnya kami tuliskan beberapa langkah yang harus dilakukan. Karena pada video tersebut menggunakan format .3gp jadi kurang jelas.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi photoshop anda (contoh yang saya gunakan adalah photoshop Cs4).
  2. Klik file > Open atau anda dapat langsung tekan Ctrl + O.
  3. Pilih file foto yang akan diedit.
  4. Buka lembar kerja baru dengan klik File > New atau Ctrl + N. Jangan lupa buat nama file, atur ukurannya dan pada bagian bawah jendela yang muncul, rubah background menjadi transparent. Lalu klik Ok.
  5. Pada file gambar yang terbuka, pilih bagian yang akan di copy ke file kosong yang sudah kita siapkan sebelumnya. Terdapat beberapa tools yang dapat digunakan yaitu: Rectangular Marquee tool (M), Lasso Tool (L), Magic Wand Tool (W) dan lainnya yang masing-masing memiliki fungsi yang mirip. Silakan coba beberapa tool tersebut hingga anda paham perbedaannya masing-masing.
  6. Setelah terpilih bagian gambar yang akan diambil, saatnya mengcopy dengan menekan Ctrl + C lalu paste pada lembar kosong yang kita buat sebelumnya.
  7. Lakukan penghapusan pada bagian-bagian foto yang tidak penting dengan menggunakan Eraser Tool (E). Pada bagian tertentu dapat menggunakan Rectangular Marquee Tool lalu delete. Lakukan hal ini hingga terlihat rapi. Pada bagian pinggir gambar dapat menggunakan Smudge Tool untuk merapikan dengan cara klik tahan dan digeser-geser. Lihat perubahannya hingga anda paham.
  8. Setelah terlihat rapi, saatnya menyimpan file. Caranya klik File > Save As > Buat Nama File > Pilih Lokasi Penyimpanan > Pilih format PNG > Ok.
  9. Foto telah berhasil anda buat. Silakan lihat hasilnya. Semoga memuaskan.
Demikian tahapan pembuatan foto tanpa background yang kami berikan secara singkat. Berikut ini video tutorialnya, semoga dapat membantu:


Silakan berkreasi, kerapian dan keahlian tergantung pada latihan anda. Semakin sering anda latihan semakin bagus hasil yang anda dapatkan. 

Berikan komentar anda atau jelajahi tulisan kami lainnya di Suara Hati, semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar