Mengapa Harus Belajar Office Excel dan Word?

Belajar Office Excel dan Word bukan lagi hal baru, bahkan hal tersebut sudah menjadi kebutuhan utama bagi para pekerja, mahasiswa, dan pelajar. Apalagi di zaman sekarang ini, kebanyakan pekerjaan membutuhkan pengetikan, baik tulisan biasa maupun yang berbentuk tabel dan perhitungan matematika.

Mungkin ada diantar teman-teman yang masih belum mengetahui bagaimana menggunakan dua aplikasi tersebut. Tapi saya yakin, teman-teman yang sudah mengenal aplikasi yang diluncurkan oleh microsoft tersebut pasti ada kemauan untuk belajar. Hanya saja masih mengalami kendala dan belum memaksimalkan metode belajar yang dilakukannya.

Belajar Office Excel dan Word
Belajar Office Excel dan Word

Belajar Office Excel dan Word itu sebenarnya mudah. Tapi, ketika kita tidak fokus dan hanya terbeban dengan kata "Saya Tidak Bisa Bahasa Inggris" dan keluhan-keluhan lain maka proses belajar akan terasa sangat sulit.

Mudah lupa, cepat bosan dan selalu memanjakan diri dengan dibantu oleh teman dan rental pengetikan menjadikan kita tidak akan pernah bisa terlepas dari lingkaran ketidak tahuan kita.

Ada yang berinisiatif mengikuti kursus, namun bermasalah dengan waktu dan biaya yang harus dikeluarkan. Parahnya lagi, ada yang pernah mengikuti kursus tapi setelah beberapa bulan tidak bisa lagi berbuat apa-apa.

Ada juga yang setelah kursus hanya bisa ketik-ketik saja. Padahal Office Excel dan Word itu tidak hanya sebatas ketik mengetik biasa, banyak fungsi yang lebih dari itu yang bisa mempercepat pekerjaan kita.

Apa Alasan Belajar Office Excel dan Word?


Mempelajari Office Excel dan Word memiliki alasan yang sama dengan mempelajari hal-hal lain yang belum kita ketahui, yaitu:

  1. Karena ketertarikan. Alasan ini berkaitan dengan perasaan sehingga oleh perasaannya tersebut yang mendorong untuk belajar.
  2. Karena kebutuhan. Dalam kehidupan terdapat banyak hal yang membuat kita bertahan dalam kenyamanan dan kesejahteraan. Tuntutan kehidupan memaksa kita harus melakukan hal-hal tertentu yang membutuhkan pengetahuan. Pengetahuan bukan diperoleh begitu saja melainkan melalui suatu proses belajar.
  3. Karena kewajiban. Hal ini berkaitan dengan suatu tugas, sehingga karena tugas itulah yang membuat kita harus bisa melakukan hal yang menjadi tugas tersebut, maka dari itu kita harus belajar.


Ketiga hal tersebut di atas merupakan alasan kita untuk belajar, termasuk mempelajari Office Excel dan Word. Ada orang yang belajar hanya karena tertarik, hanya karena kebutuhan, hanya karena kewajiban atau karena keduanya bahkan karena ketiga-tiganya.

Berada di posisi manakah anda? Jika anda tidak termasuk dari ketiga hal tersebut diatas, sebaiknya tidak perlu merepotkan diri untuk mempelajari Excel dan Word.

Hambatan Belajar Office Excel dan Word dan Solusinya

Biasanya orang tidak berhasil mengoperasikan Office Excel dan Word disebabkan oleh banyak faktor. Tapi bukan berarti faktor tersebut tidak bisa diselesaikan dan diatasi. Berikut ini hambatan-hambatan serta cara penyelesaiannya:

Tidak memiliki kesadaran diri.


Sebagaimana yang saya sebutkan diatas bahwa ada tiga hal yang menjadi alasan kita mempelajari sesuatu, yaitu ketertarikan, kebutuhan dan kewajiban. Sebagian orang tidak menyadari bahwa dia telah berada pada ketiga hal tersebut.

Lihatlah diri anda, mungkin anda tertarik untuk belajar Office Excel dan Word tapi anda gengsi dan malu untuk memulai. Akhirnya tersiksa dengan perasaan anda sendiri. Umur, pangkat, golongan bukanlah penghalang. Tak ada salahnya bertanya kepada orang yang lebih muda dari kita, tak ada batas waktu untuk mengejar ilmu.

Ada juga orang yang butuh dan wajib mengetahui sesuatu, tapi ia tidak tahu bahwa ia sedang membutuhkan dan berkewajiban. Ia terlena sehingga tidak mau berbuat apa-apa agar ia bisa memenuhi kebutuhannya dan melaksanakan kewajibannya. Akhirnya orang disekelilingnya menjadi beban atas kebutuhan dan kewajibannya.

Tidak memiliki sarana


Ada sebagian orang sudah memiliki kesadaran untuk belajar, namun tidak memiliki sarana seperti komputer atau laptop untuk tempat belajar.

Hal ini memang berat, karena salah satu penopang untuk mahir mengoperasikan excel dan word adalah memiliki komputer atau laptop. Tidak hanya pinjam sana-sini.

Untuk hal ini memang berat, jika kita hanya berharap laptop dari teman atau kantor maka proses belajar kita tidak maksimal. Kalaupun bisa tapi membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk berupaya memiliki laptop atau komputer pribadi. Tak harus yang mahal, yang bekas pun jadi asal sudah dapat belajar.

Tidak ada waktu dan tidak ada yang mengajarkan


Alasan ini yang lebih banyak kita temukan. Ketika mencari orang yang mengajarkan melalui kursus, maka kendala yang ditemukan adalah tidak cukup waktu untuk itu.

Jika alasannya memang seperti itu, maka kami sarankan agar simpan biaya kursus anda untuk dijadikan modal untuk membeli laptop sehingga anda lebih leluasa untuk belajar.

Media internet dapat anda jadikan guru dalam proses belajar anda. Banyak orang yang bisa mengetahui hal-hal besar hanya melalui media internet. Disana anda akan menemukan apa yang anda butuhkan. Waktu belajar dapat anda atur sesuai dengan kesempatan anda.

Dengan kemauan dan usaha keras kita pasti bisa, sebagai contoh silakan baca tulisan kami ini untuk memotivasi diri anda: 

Posting Komentar