Anda Seorang Blogger? Kuasai 4 Skill Berikut Ini Agar Anda Sukses Menjadi Blogger

Dahulu memang dunia blogger jarang dikenal. Dahulu blog hanya digunakan sebagai media curhatan orang-orang tertentu. Ibaratnya, blog dahulu hanya digunakan untuk media curhatan secara online saja. Seiring berjalannya waktu, peran dan fungsi blog kini semakin berubah.

Kini blog sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Blog kini sudah menjadi sesuatu yang menghasilkan dan juga menjanjikan. Menjadi seorang blogger profesional memang bukanlah perkara yang sulit, asal Anda menguasai 5 skill ini, menjadi seorang blogger sukses bukanlah sekedar mimpi belaka. Apa saja itu?


Skill yang harus dikuasai seorang blogger
Sumber gambar : pixabay.com


Skill yang Harus Dikuasai Seorang Blogger



  • Skill Menulis


Kemampuan menulis mutlak harus dimiliki seorang blogger. Tulisan yang bagus maka pengunjung bakal senang dan bakal sering berkunjung ke blog anda. Coba saja jika anda menulis secara asal-asalan, pengunjung pasti tidak tertarik untuk lama-lama berkunjung ke blog anda.

Menulis berkualitas memang butuh latihan ekstra. Biasakan untuk selalu membiasakan menulis agar kemampuan menulis anda semakin terasah. Ibarat pisau akan semakin tajam jika terus menerus diasah. Jangan lupa tetap membiasakan membaca. Seorang penulis yang hebat berawal dari kebiasaannya yang sering membaca.

  • Skill Programming

Selain tulisan berkualitas, tampilan atau design blog yang menarik juga merupakan hal yang membuat pengunjung senang. Memang anda bisa langsung mendownload tema yang bertebaran di internet untuk di upload di blog anda, namun belum tentu tema tersebut cocok dan bagus untuk blog anda. Belum lagi jika nanti sering terjadi error dalam pemasangan tema tersebut. Untuk memahami bagaimana memasang tema dan mengedit tema (mengatur warna, jarak, ukuran) diperlukan skill programming yang bagus. Setidaknya anda tau dasarnya.

Ada 3 bahasa pemrograman yang wajib anda pelajari yaitu HTML (Programming dasar yang harus anda kuasai terlebih dahulu), CSS (untuk mempercantik tampilan blog), dan Javasricpt (untuk membuat tampilan blog lebih interaktif) kesemua bahasa programming itu bisa anda kuasai baik belajar secara otodidak maupun melalui lembaga pendidikan khusus programer.

  • Skill Promosi atau Pemasaran

Setiap orang membuat tulisan di blog pasti ingin tulisannya bisa diketahui dan dibaca oleh orang lain. Sekedar menulis dan mempublikasikannya belum mampu untuk mendatangkan pembaca. Ibarat blog adalah sebuah toko dan artikel adalah barang jualan kita, supaya barang jualan kita bisa diketahui oleh orang lain bagaimana? Tentu harus dipromosikan bukan? Namun promosi tidak bisa dilakukan secara asal-asalan agar promosi yang dilakukan tak sia-sia.

Lakukanlah promosi yang tepat sasaran agar target promosi kita benar-benar tertarik dengan tulisan yang kita miliki. Misal anda memiliki blog tentang tempat wisata maka promosikan blog anda ke pecinta wisata atau ke grup traveller. Selain itu promosi juga harus tau batasan agar promosi anda tak dianggap spam.

  • Skill SEO

Melakukan promosi setiap hari dan setiap saat tentunya membuat kita lelah. Kita juga memerlukan kemampuan lain agar blog bisa lebih dikenal oleh banyak, yaitu skill SEO. Apa itu SEO? SEO atau optimasi mesin pencari merupakan kemampuan yang harus dikuasai seorang blogger agar blog bisa tampil di mesin pencari terutama Google. Jelas saja, mengingat rata-rata manusia mencari sesuatu di internet pasti menggunakan search engine terbesar dan nomor 1 di dunia yaitu Google.

Membuat blog menjadi SEO dapat kita lakukan dari dalam atau yang lebih dikenal dengan sebutan SEO Onpage dan juga bisa dilakukan dari luar (promosi, backlink, dsb) yang lebih dikenal dengan sebutan SEO Offpage. Jika blog anda mudah ditemukan mesin pencari bahkan bisa tampil di halaman pertama pencarian google, peluang blog anda untuk mendapatkan banyak pengunjung sangatlah besar.

Jika keempat kemampuan tersebut anda pelajari dan benar-benar anda kuasai, menjadi seorang blogger yang sukses bisa dengan mudah anda wujudkan. Sekian artikel tentang 5 skill yang harus dikuasai seorang blogger agar sukses semoga bermanfaat bagi pembaca.

Posting Komentar