6 Tips Menghadapi Wawancara Kerja yang Harus Anda Coba

Untuk mencari seorang karyawan, suatu perusahaan sudah pasti melakukan berbagai tahapan tes yang berguna untuk menyeleksi karyawan untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Salah satu tahapan tes yang selalu ada di setiap tes masuk perusahaan adalah wawancara kerja. Mengapa harus ada wawancara? Dengan tes wawancara, seorang HDR bisa mengetahui dan menilai bagaimana calon karyawannya bisa memahami dan menanggapi permasalahan perusahaan melalui pertanyaan yang diberikan.

Banyak orang yang tumbang pada tes wawancara ini entah karena memang tidak siap, grogi, kurang sehat, ataupun karena lainnya. Tentu hal itu sayang disayangkan jika anda harus gagal ditahap terakhir tes masuk perusahaan ini. Tapi jangan khawatir, berikut admin berikan bagaimana menghadapi wawancara kerja. Yuk, baca sampai habis artikel ini


6 Tips Menghadapi Wawancara Kerja yang Harus Anda Coba
Sumber gambar : pixabay.com

6 Tips Menghadapi Wawancara Kerja



  • Persiapkan Fisik dan Mental Anda



Sebelum menghadapi wawancara kerja pastikan anda mempersiapkan fisik Anda sebaik-baiknya. Makan dan istirahat yang cukup agar saat menghadapi wawancara anda dalam keadaan yang fit supaya wawancara anda berjalan lancar.

Selain itu persiapkan juga mental Anda untuk menghadapi wawancara. Jangan sampai ada terlihat grogi, kaku, dan tidak berdaya menghadapi HDR saat wawancara berlangsung.

  • Berangkat Lebih Awal


Datanglah lebih awal ke tempat wawancara kerja. Selain agar tidak terlambat saat tiba di tempat wawancara, dengan berangkat lebih awal menandakan anda adalah calon karyawan yang disiplin sehingga anda bakal mendapatkan nilai plus di mata Sang HDR.

Dengan berangkat lebih awal juga anda bisa mengontrol emosi, grogi, dan permasalahan apapun sebelum wawancara benar-benar dimulai. Jangan sampai Anda mengecewakan HDR karena kedatangan anda yang tidak tepat waktu.


  • Jangan Lupa Kenakan Pakaian yang Rapi dan Sopan


Penampilan adalah hal yang pertama kali dilihat. Tak peduli seberapa hebat anda, jika penampilan anda berantakan pasti HDR meragukan anda untuk bergabung ke perusahaannya. Kenakan pakaian yang sopan berupa kemeja dan celana panjang non jeans, jangan sekali-kali menggunakan celana pendek.

Usahakan menggunakan pakaian berwarna cerah karena memberikan kesan yang indah. Dengan penampilan yang rapi dan menawan bisa sedikit memperbesar peluang anda untuk diterima di perusahaan tersebut.


  • Saat Memasuki Pintu Ruangan Wawancara Jangan Lupa Ucapkan Salam


Attitude juga menjadi bahan penilaian perusahaan dalam tes wawancara kerja. Dengan attitude yang baik maka bisa menambah nilai plus bagi anda di mata perusahaan. Attitude salah satunya anda bisa dinilai dari bagaimana anda memasuki ruangan wawancara. Anda beberapa calon pekerja yang nyelonong saja masuk tanpa mengetuk ataupun sekedar mengucapkan salam.

Tentu hal tersebut tidak baik anda bisa memperburuk citra calon karyawan dimata perusahaan. Saat memasuki ruangan, ketuk pintu terlebih dahulu dan ucapkan salam. Masuklah ke dalam ruangan tersebut jika anda benar-benar telah mendapatkan izin masuk dari sang pewawancara.

  • Jawab Pertanyaan Dengan Tenang dan Jujur 


Kembali ke poin pertama, telah admin jelaskan sangat penting bagi seorang calon karyawan untuk mempersiapkan mental sebelum wawancara kerja. Dengan mental yang bagus maka anda bisa tenang menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Selain itu menjawab pertanyaan yang jujur itu penting dan menjadi bahan penilaian penting bagi perusahaan untuk menilai calon karyawannya.

Contohnya saja saat HDR menanyakan anda "apakah Anda pernah bekerja di perusahaan lain?" Dan anda menjawab "tidak pernah" entah karena alasan tidak ingin dianggap buangan perusahaan lain ataupun yang lainnya. Padahal HDR sudah tau jawabannya dari pengalaman kerja yang anda miliki. Jawablah pertanyaan secara jujur meski itu menyakitkan. Karena pada dasarnya orang bekerja itu memang butuh kejujuran supaya pekerjaan yang dilakukan menjadi berkah.


  • Ucapkan Terima Kasih


Dan yang terakhir sebelum anda benar-benar meninggalkan ruangan,. ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan wawancara ini. Di saat masuk ruangan anda sudah memberikan kesan yang baik, saat meninggalkan ruangan pun anda harus memberikan kesan yang baik juga.

Demikian sedikit tips menghadapi wawancara kerja yang harus anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Posting Komentar