Pembelajaran yang Bisa Dipetik Dari Seekor Ikan Cue


Ikan Cue? Mungkin sebagian sudah banyak yang tau tentang jenis ikan yang satu ini. Ikan jenis ini mungkin terlihat kecil, namun siapa sangka begitu banyak orang yang menyukai jenis ikan yang satu ini.
Pembelajaran yang Bisa Dipetik Dari Ikan Cue
Sumber gambar : id.wikipedia.org

Apalagi dimakan dengan sambal lezat yang menggugah selera.  Dibalik bentuknya yang kecil, ikan cue menyimpan banyak sekali pembelajaran yang begitu menginspirasi bagi kita semua. Apa saja itu?

Pembelajaran yang Bisa Anda Petik Dari Seekor Ikan Cue


1. Aku Memang Kecil, Fisikku Tidak Sebesar Ikan yang Lain, tapi Banyak Orang yang Suka Dengan Aku.

Secara fisik, ikan cue memang terlihat lebih kecil daripada jenis ikan lain seperti mujair, gurami, patin, nila dan lain sebagainya, tetapi meski kecil ikan tersebut tetap menjadi favorit bagi banyak orang. Nah, memang benar jika ikan tersebut benar-benar disukai selain karena rasanya nikmat, ikan jenis ini mudah sekali untuk ditemui.

Ada pembelajaran dari hal tersebut, jangan pernah minder dengan kekurangan yang kita punya. Disetiap kekurangan pasti ada kelebihan yang tersimpan di dalamnya meski tubuh kita kecil dan memiliki fisik yang kurang bagus, janganlah minder. Tetap jadi dirimu apa adanya, karena begitu banyak orang yang sayang dan mendukung kamu.

2. Aku Ini Kotor, Mohon Bersihkan Aku Sampai Aku Benar-benar Bersih

Coba rasakan, memakan kepala ikan cue tanpa dibersihkan isi kepalanya. Bagaimana rasanya pahit bukan? Tentu banyak orang yang tidak suka memakan ikan yang begitu pahit ketika dikonsumsi.
Dari sini pun kita bisa memetik suatu pembelajaran. Apa itu?

Kotoran pada kepala ikan ibarat sifat jahat yang ada pada diri seseorang, jika sifat jahat itu terus dan terus ada pada orang tersebut, dan diketahui oleh banyak orang pasti akan banyak sekali yang membencinya. Kita sebagai sesama manusia saling mendukung, memotivasi, dan menasihati sesama agar semakin lebih baik. Bukan malah saling menyalahkan dan saling menjatuhkan. Bukankah lebih baik jika hidup damai berdampingan daripada hidup saling bermusuhan? 

Sedikit pembelajaran dari ikan cue ini mengingatkan kita akan 2 hal. Yang pertama, kita janganlah minder akan fisik yang kita miliki. Tak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Setiap sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya Tuhan yang Maha Sempurna.

Yang kedua dari pembelajaran tersebut mengajarkan kita untuk selalu membersihkan sifat jahat yang ada pada diri seseorang. Sifat jahat adalah sifat syaiton yang pasti banyak dibenci oleh orang lain. Kita hidup bersosialisasi tentunya tidak ingin saling membenci dan saling memaki.

Semoga pembelajaran dari ikan cue tersebut bisa memotivasi anda dalam menjalani kehidupan ini. Sekian artikel inspiratif sederhana tentang pembelajaran ikan cue ini semoga bisa menginspirasi pembaca sekalian.

Posting Komentar