6 Konferensi Selama Perang Dunia II

Beberapa konfererensi yang diselenggarakan selama Perang Dunia II baik tentang strategi pertempuran maupun perdamaian dunia adalah sebagai berikut:

Konferensi Atlantik


Diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus 1941 antara Franklin Delano Roosevelt dan Winston Churchill. Konferensi Atlantik menghasilkan piagam perdamaian yang disebut Piagam Atlantik (Atlantic Charter).

Konferensi Casablanca


Diselenggarakan pada bulan Januari 1943 antara Franklin Delano Roosevelt dan Winston Churchill. Konferensi itu membahas perencanaan penyerbuan tentara Sekutu ke Eropa guna mengalahkan tentara Blok Amerika Serikat (poros atau blok Jerman).

Konferensi Moskow


Diselenggarakan pada bulan Oktober 1943 yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Rusia (Vyacheslav Mikhailovich Molotov), Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Cordel Hull, dan Menteri Luar Negeri Inggris (Anthony Eden). Konferensi membahas tentang rencana pembentukan organisasi internasional yang menjamin perdamaian.

Konferensi Kairo


Konferensi Kairo Perang Dunia II
Konferensi Kairo Perang Dunia II


Diselenggarakan pada bulan November 1943 antara Franklin Delano Roosevelt, Winston Churchill, dan Chiang Kai Sek. Konferensi memutuskan bahwa mereka akan menggempur Jepang sampai menyerah.

Konferensi Teheran


Diselenggarakan pada bulan Desember 1943 yang dihadiri oleh Josep Stalin, Franklin Delano Roosevelt, dan Winston Churchill. Pada prisnsipnya konferensi mendukung keputusan Konferensi Kairo dan bertekad melanjutkan kerja sama meskipun perang telah berakhir.

Konferensi Yalta


Diselenggarakan pada bulan Februari 1945 antara Josep Stalin, Franklin Delano Roosevelt, dan Winston Churchill. Konferensi berhasil mengambil keputusan seperti:
  1. Penyerahan Jerman tanpa syarat;
  2. Membentuk organisasi internasional yang menjamin perdamaian dunia;
  3. Merencanakan penyelenggaraan konferensi di San Fransisco pada tanggal 25 April 1945.

Itulah ke-6 konferensi yang diselenggarakan selama Perang Dunia II.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Konferensi Selama Perang Dunia II"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel