Mengenal Lebih Jauh dengan Najwa Shihab

Najwa Shihab, pasti banyak orang yang sudah mengenal dirinya. Muda, cantik, berintelektual, serta jago berdebat. Sering muncul di televisi melalui acaranya yang sangat terkenal "Mata Najwa". Namun tahukah anda siapakah wanita cerdas ini sebenarnya? Yuk simak sedikit Biografinya

Mengenal Najwa Shihab


Mengenal Lebih Jauh Dengan Najwa Shihab
Najwa Shihab
Image Source : id.wikipedia.org

Najwa Shihab merupakan wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977. Dia merupakan mantan seorang presenter berita metro tv dan pernah juga menjadi anchor program berita prime time, Suara Hati Anda, dan juga Metro Hari Ini.

Najwa merupakan anak dari kyai yang juga merupakan mantan menteri era kabinet pembangunan VII, Quraish Shihab. Najwa Shihab memiliki seorang suami bernama Ibrahim Assegaf dan telah memiliki seorang anak berusia 17 tahun yang bernama Izzat.

Najwa Shihab, seorang lulusan fakultas hukum Universitas Indonesia tahun 2000. Semasa masih SMA, wanita ini mengikuti program yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya selama setahun di Amerika Serikat. Walaupun seorang lulusan fakultas hukum, tak lantas membuat dirinya terjun di dunia hukum.

Justru Nana (sapaan Najwa Shihab) lebih tertarik ke dunia jurnalistik daripada dunia hukum. Najwa Shihab pertama kali terjun di dunia tersebut saat menjadi seorang presenter di stasiun televisi RCTI. Namun pada tahun 2001 ia pindah ke stasiun televisi metro tv yang membesarkan namanya.

Metro TV dianggap Najwa Shihab mampu menjawab minat kebutuhan jurnalistik pada masa kini. Di Metro TV Najwa Shihab dikenal melalui program acara "Mata Najwa" yang membuat dirinya semakin dikenal masyarakat. Karier Najwa Shihab di Metro TV harus berakhir pada bulan Agustus 2017, melalui episode "Catatan Tanpa Titik" acara Mata Najwa, secara resmi Nana mengundurkan diri dari stasiun TV yang membesarkan namanya tersebut.

Mulai 10 Januari 2018, dirinya bergabung bersama stasiun televisi Trans 7 dan kembali membawakan acara bertajuk "Mata Najwa". Acara ini tayang setiap jam 8 malam. 

Pernah Meliput Tsunami Aceh


Najwa Shihab diketahui diketahui pernah meliput betapa dahsyatnya Tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004. Kala itu, Nana menganggap jika pemerintah kurang siap dan kurang tanggap menghadapi bencana yang terjadi. Pada saat itu, Menko Kesra dijabat oleh pamannya sendiri, Alwi Assegaf.

Prestasi dan Penghargaan yang Pernah Diraih Najwa Shihab


Sepanjang kariernya, Nana sudah mendapatkan berbagai macam penghargaan kepada dirinya sebagai seorang Jurnalistik. Dia pernah meraih penghargaan Jurnalis Terbaik Metro TV tahun 2006 dan juga pernah menjadi pemenang di ajang Panasonic Gobel Awards untuk kategori Presenter Berita.

Berikut beberapa penghargaan yang pernah disabet oleh Najwa Shihab :

  • Jurnalis Terbaik Metro TV 2006
  • Most Progressive Figure oleh Forbes Magazine (2015)
  • Insan Pertelevisian Terbaik dalam ajang Panasonic Gobel Awards (2016)
  • The Influential Woman of The Year dari Elle Magazine (2016)
  • Presenter Pemilukada Terbaik oleh Badan Pengawas Pemilu (2015)
  • Australian Alumni Award for Journalism and Media (2009) 

Baca Juga : Biografi Singkat Susi Pudjiastuti

Demikian artikel mengenal lebih jauh dengan Najwa Shihab, semoga kita semua bisa memetik pelajaran dari kisah presenter sukses ini untuk bisa meraih kesuksesan di masa mendatang.

Posting Komentar