Mengenal Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja

Susi Pudjiastuti, merupakan seorang wanita yang kini menjabat sebagai menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Republik Indonesia. Susi lahir di Pangandaran pada tanggal 15 Januari 1965. Selain sebagai seorang menteri, Susi Pudjiastuti ternyata juga seorang pengusaha.


Mengenal Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja.
Sumber gambar : id.wikipedia.org

Beliau adalah pemilik sekaligus Presiden Direktur perusahaan PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang merupakan perusahaan eksportir hasil-hasil perikanan. Beliau juga pemilik perusahaan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang merupakan perusahaan penerbangan Susi Air dari Jawa Barat. Susi Air memiliki pendapatan hingga 300 miliar dan telah memperkerjakan 185 pilot, dengan 175 diantaranya merupakan pilot asing.

Mengenal Keluarga dan Kehidupan Susi Pudjiastuti


Susi Pudjiastuti merupakan seorang anak hasil pernikahan Haji Ahmad Karlan dan juga Hajjah Suwuh Lasminah. Kedua orang tuanya hidup  di Jawa Tengah. Keluarga Susi Pudjiastuti memiliki usaha ternak yang cukup sukses. Ternak ini diperjualbelikan dari Jawa Tengah ke Jawa Barat. Sedangkan kakek buyut Susi merupakan Seorang Tuan tanah didaerahnya.

Susi pernah dikeluarkan dari SMAnya, SMA Negeri 1 Yogyakarta. Susi diberhentikan pada kelas 2 diduga karena melakukan aktivitas golput dalam pemilu di sekolahnya.


Bisnis Susi Pudjiastuti


Putus sekolah tidak membuat Susi menyerah, beliau terus bangkit. Bahkan ia rela mengorbankan perhiasannya untuk dijual dan mengumpulkan modal 750 ribu untuk menjadi pengepul ikan di kota Pangandaran.

Atas kerja kerasnya tersebut, bisnis Susi semakin berkembang hingga beliau berhasil mendirikan perusahaan  PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan salah satu produknya yang terkenal yaitu lobster yang diberi nama "Susi Brand"

Tak cukup hanya sampai disitu, untuk mengangkut hasil lobster untuk dikirim ke beberapa daerah di Indonesia dan juga Jepang pada tahun 2004 Susi memutuskan untuk membeli Cesna Carravan melalui pinjaman bank.

Menteri Susi Pudjiastuti Menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan


Atas prestasi yang diraihnya ini membuat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terpincut dan menjadikannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja periode 2014-2019. Menteri ini dinilai sebagai menteri yang sangat tegas. Beliau rela melakukan aksi tegas dengan mengebom kapal yang mencuri di perairan laut di Indonesia demi menyelamatkan ikan-ikan yang ada di Indonesia.

Namun bukan berarti, menteri wanita ini tanpa kontroversi. Menteri Susi juga dikenal sebagai menteri yang sering kedapatan merokok. Ada yang beranggapan hal tersebut wajar namun ada juga yang menganggapnya Menteri Susi tidak memberikan contoh yang baik kepada rakyatnya.

Tetapi, harus diakuai Susi Pudjiastuti menjadi salah satu menteri tersukses di Indonesia . Beliau tidak pernah di reshuffle oleh Presiden Jokowi menandakan bagaimana luar biasanya kinerja beliau.

Itulah sedikit biografi singkat tentang Susi Pudjiastuti, seorang Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja semoga kisah suksesnya menginspirasi pembaca sekalian.

Posting Komentar