Penyebab Blok Sentral Kalah dalam Perang Dunia I

Sesudah berlangsung hampir empat tahun, Prang Dunia I berakhir dengan kekalahan di pihak Blok Sentral.

Blok sentral terdiri atas negara Jerman, Austria, Hongaria, Turki, dan Bulgaria. Italia yang sebelumnya menjadi anggota Triple Alliance akhirnya memihak kepada Entente Codiale karena menginginkan daerah Tirol Selatan, Istria, dan Dalmatia yang dikuasai Austria.

Informasi lainnya mengenai Perang Dunia I dapat anda baca pada tulisan kami sebelumnya mengenai Kronologi Perang Dunia I.

Perang Dunia I
Perang Dunia I (Sumber: pxhere.com)

Penyebab Kekalahan Blok Sentral


Kekalahan perang pihak Blok Sentral Disebabkan oleh beberapa hal utama, sebagai berikut:
  1. Jumlah anggota Blok Sekutu lebih banyak (23 negara) sehingga dari segi kekuatan pun lebih kuat, apalagi dengan masuknya Amerika Serikat.
  2. Ada perpecahan di pihak Blok Sentral. Italia yang semula ikut Blok Sentral, berbalik memusuhinya sebab menginginkan daerah-daerah yang dikuasai Austria.
  3. Terjadi pemberontakan rakyat di negara anggota Blok Sentral yang mulai bosan berperang dan tidak mau lagi mendukung pemerintahnya.

Pemberontakan, sebagaimana yang disebutkan diatas dipimpin oleh kaum sosialis komunis yang meniru gerakan di Rusia. Kaisar Frans Josef dari Austria dan Kaisar Wilhelm II dari Jerman dipaksa turun takhta. Kekaisaran Jerman diubah menjadi republik dan menyerah kepada Sekutu.

Dengan kekalahan Blok Sentral, maka Perang Dunia I berakhir dengan dua perjanjian damai yaitu Perjanjian Versilles dan Perjanjian Sevres (kemudian diubah dengan perjanjian Lausanne).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Blok Sentral Kalah dalam Perang Dunia I"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel