Penyebab Terjadinya Perang Dunia I

Perang dunia adalah perang yang melibatkan banyak negara di dunia. Perang Dunia I melibatkan negara-negara Eropa. Oleh karena itu, ada yang berpendapat bahwa Perang Dunia I merupakan perang saudara antarbangsa Eropa. Ada juga yang berpendapat bahwa Perang Dunia I merupakan perang dunia sebab negara-negara di kawasan Asia, seperti Jepang dan Cina; negara-negara di kawasan Amerika, seperti Amerika Serikat dan Kanada; negara Australia dan Selandia Baru ikut serta berperang.

Pada pertengahan abad ke-19, negara-negara di Eropa mengalami Revolusi Industri. Negara-negara seperti Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Belanda dan Belgia saling berlomba memajukan industrinya. Hal itu dilakukan dengan cara mencari daerah baru sebagai tempat penjualan hasil produknya. Selain itu, supaya produksinya tetap terjamin, diperlukan ketersediaan bahan baku. Keinginan mencari sumber bahan baku dan daerah pemasaran hasil industrinya menyebabkan negara-negara Eropa berusaha menduduki dan menguasai daerah lain. Hal ini mendorong adanya imperialisme moderen.

Untuk menghadapi kemungkinan terjadinya serangan lawan, negara-negara barat memperkuat pertahanan dan persenjataan, seperti yang dilakukan Prancis dan Jerman. Selain itu, negara-negara tersebut membentuk pula persekutuan militer sebagai usaha bersama dalam menghadapi musuh.

Penyebab terjadinya Perang Dunia I dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu penyebab tidak langsung dan penyebab langsung.

Penyebab langsung adalah hal-hal yang memicu ketegangan antarnegara Eropa dan pembentukan aliansi militer yang mendukung terjadinya Perang Dunia I.Adapun penyebab langsung mengandung pengertian suatu peristiwa yang memicu terjadinnya Perang Dunia I.

Perang Dunia 1
Perang Dunia I (Sumber: pixabay.com)

Penyebab Tidak Langsung Terjadinya Perang Dunia I


Faktor yang tidak langsung menyebabkan terjadinya Perang Dunia I adalah sebagai berikut:

A. Terjadinya Pertentangan di Antara Negara-Negara Eropa


Pertentangan yang terjadi di antara Negara-Negara Eropa itu, antara lain sebagai berikut:

  1. Pertentangan Jerman dengan Prancis
  2. Pertentangan Jerman dengan Inggris
  3. Pertentangan Jerman dengan Rusia
  4. Persaingan antara Austria dan Rusia dalam Merebut Balkan.

B. Timbulnya Persekutuan Militer


Beberapa negara Eropa berusaha mencarai kawan karena takut ancaman dari negara saingannya. Usaha mencari kawan menyebabkan timbulnya persekutuan militer yang bertujuan menghadapi ancaman atau serangan dari bangsa lain secara bersama-sama.

Semula Jerman bersekutu dengan Austria untuk menghadapi Rusia (1878). Selanjutnya, pada tahun 1882 Italia masuk ke dalam persekutuan Jerman-Austria-Hongaria agar kedudukannya terhadap Prancis Kuat. Oleh karena itu, terbentuklah Triple Alliance. Ketiganya disebut negara sentral sebab letaknya di tengh Eropa.

Meskipun sebelumnya bermusuhan, Inggris dan Prancis bersekutu dalam menghadapi Jerman. Mereka tergabung dalam persekutuan Entente Codiale (1904). Begitu juga dengan Rusia, masuk sebagai anggota persekutuan Entente Codiale karena bermusuhan dengan Jerman. Oleh karena itu terciptalah Triple Entente (1907) sebagai reaksi terhadap pembentukan Triple Alliance. Anggotanya disebut negara Sekutu (Allied Power).

C. Timbulnya Perlombaan Senjata


Untuk menghadapi serangan mendadak dari lawan, setiap negara berusaha mempersenjatai diri. Kaum industrialis menciptakan senjata modern dan dijual kepada negara yang bermusuhan. Saling curiga akibat perlombaan dalam persenjataan menyebabkan keadaan Eropa tegang dan panas.

Penyebab Langsung Terjadinya Perang Dunia I


Latihan perang yang diadakan tentara Austria di Sarajevo dianggap Serbia sebagai pameran kekuatan. Putra Mahkota Austria, Frans Ferdinand pada saat itu mengunjungi latihan tersebut dan dibunuh oleh pemuda Serbia bernama Princip. Pada tanggal 28 Juni 1914 Austria menuntut Serbia untuk menyerahkan pembunuhnya dalam tempo satu bulan. Namun, permintaan tersebut tidak dilakukan oleh Serbia yang mendapat dukungan Rusia. Untuk itu, Austria menyatakan perang terhadap Serbia. Peristiwa terbunuhnya Frans Ferdinand merupakan sebab khusus terjadinya Perang Dunia I.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Terjadinya Perang Dunia I"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel