Apa Perbedaan Komputer dan Laptop?

Komputer dan Laptop merupakan 2 perangkat teknologi yang banyak digunakan pada zaman sekarang. Kedua perangkat ini memang sering kali digunakan manusia di dalam kehidupan sehari-hari. Bisa berguna untuk mengetik, mendengarkan lagu, menonton video, dan lain sebagainya.  Komputer hadir terlebih dahulu daripada laptop.

Laptop dihadirkan juga dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dimana laptop juga sering disebut sebagai "mini komputer" atau komputer dalam versi yang kecil memiliki sedikit kemudahan dalam penggunaannya. Bahkan semakin jumlah pengguna laptop yang makin banyak dan terus bertambah.

Secara garis besar sebenarnya memiliki fungsi dan kegunaan yang tidak jauh berbeda. Namun karena bentuknya yang berbeda tentu saja dari beberapa aspek komputer dan laptop memiliki perbedaan. Apa perbedaan komputer dan laptop? Simak penjelasannya dibawah ini

Perbedaan Komputer dan Laptop
Sumber gambar : pixabay.com


Perbedaan Komputer dan Laptop



  • Dari Sisi Harga

Walaupun memiliki spesifikasi yang tidak terlalu jauh berbeda namun komputer tentu saja memiliki harga yang lebih mahal dari laptop. Ukurannya yang lebih besar serta komponennya yang lebih banyak daripada laptop membuat komputer berharga sedikit lebih mahal.

  • Dari Sisi Perakitan

Komputer dan laptop memiliki sistem perakitan yang tidak sama. Pada komputer Anda harus bisa merakit komputer tersebut hingga bisa digunakan. Komputer juga memiliki kelebihan dimana komponen yang dapat diperbaharui (di upgrade). Berbeda dengan laptop yang tidak bisa melakukan upgrade karena komponennya yang sudah terakit

  • Dari Sisi Kinerja

Dari sisi kinerja tentu komputer lebih baik daripada laptop. Mengapa? Karena komputer memiliki kapasitas yang lebih besar (prosessor, RAM, Hardisk, VGA, dan juga beberapa komponen lainnya). Selain itu komponen komputer bisa diupgrade menjadi kelebihan dibandingkan dengan laptop

  • Dari Sisi Konsumsi Daya

Karena menggunakan aliran listrik, komputer memiliki konsumsi daya yang lebih besar. Berbeda dengan laptop yang telah dilengkapi oleh baterai yang dapat menyimpan daya listrik sehingga bisa menghemat konsumsi daya.

  • Kemuduhan Membawanya

Untuk hal yang satu ini laptop memang jagonya. Laptop bisa anda bawa kemana-mana bahkan bisa masuk ke dalam tas sekolah atau tas kerja anda. Komponennya yang menyatu membuat laptop bisa Dengan mudah kita bawa. Berbeda dengan komputer yang memiliki banyak komponen sehingga jika membawanya tentunya begitu merepotkan. Komputer diciptakan memang hanya untuk diletakkan pada 1 tempat saja.

Jadi Mana yang Sebaiknya Saya Gunakan?


Semua tergantung anda. Kedua perangkat keras tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda adalah orang yang sangat sibuk. Harus keluar masuk rumah maka gunakan laptop saja.

Namun jika anda menghabiskan waktu hanya dirumah menggunakan komputer pun juga bisa. Jika anda tidak ingin terlalu menghabiskan daya listrik di rumah anda maka gunakanlah laptop. Intinya semua dikondisikan sesuai keadaan dan kebutuhan anda.

Itulah beberapa perbedaan komputer dan laptop yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Perbedaan Komputer dan Laptop?"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel