7 Macam Platform Blog Paling Populer

Platform blog merupakan Platform blog adalah tempat atau situs yang menyediakan akun blog. Ada yang disediakan secara gratis dan ada juga yang berbayar.

Kata atau istilah platform berasal dari bahasa Inggris yang dalam kamus ahasa Indonesia berarti panggung, podium, peron (station), atau program partai. Jadi, platform blog dapat diartikan sebagai tempat untuk membuat blog.

Banyak platform blog yang tersedia dan dapat digunakan secara gratis, namun pada pembahasan kali ini kami menampilkan 7 macam platform blog yang menurut kami adalah platform paling populer.

7 Macam Platform Blog Paling Populer


Blogger/Blogspot


Blogger/Blogspot Platform Paling Populer
Blogger/Blogspot

Platform milik google ini sudah tidak asing lagi di dunia blogging. Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Membuat blog di platrorm ini sangat mudah, banyak tutorial yang tersedia secara online tentang cara membuat blog di blogger. Sebelumnya kami pernah menulis tentang "Cara Membuat Blog di Blogger Terlengkap untuk Pemula".


Selain gratis, membuat blog di blogger juga telah terkoneksi dengan akun google yang kita miliki. Hanya login menggunakan email yang pernah kita buat di gmail.

Wordpress


Wordpress merupakan media pembuatan blog yang juga banyak digunakan oleh para blogger. Tersedia versi gratis maupun berbayar. Penggunaannya cukup mudah dan juga telah banyak tutorial yang membahas tentang pembuatan blog di wordpress.

Wordpress menyediakan banyak fasilitas dalam mengelola blog, baik hanya sekedar berbagi informasi maupun buat menjadikan blog sebagai pencaharian utama.

Bagi anda yang benar-benar ingin fokus membuat blog dapat mempertimbangkan platform ini sebagai tempat membuat blog anda.

Tumblr


Tumblr diluncurkan pada tahun 2007, ketika itu langsung mencuri perhatian para pengguna internet. Sampai-sampai raksasa internet sekelas Yahoo pun berani mengeluarkan $1.1 milyar untuk mengakuisisi startup yang didirikan oleh David Karp ini. Tumblr merupakan sebuah platfrom micro blogging yang cukup populer di kalangan anak muda.

Wix


Membuat blog di wix tidak jauh berbeda dengan flatform lainnya. Anda bisa membuat akun di situs tersebut dengan menggunakan akun facebook atau gmail.

Bagi yang ingin membuat toko online, wix juga menyediakan template khusus untuk toko online. Tidak hanya itu saja, tentunya masih banyak lagi template dengan kategorinya masing-masing sesuai kebutuhan.


Simplesite


SimpleSite menawarkan kepada orang-orang dari semua tingkat kemampuan teknologi dalam memanfaatkan potensi mereka. Desain blog yang kita inginkan sangat mudah dan dibuat semudah mungkin oleh simplesite sehingga tidak dibutuhkan orang yang ahli dalam coding atau programmer.


Weebly


Platform ini juga banyak digemari oleh para blogger dan pembuat toko online. Webly juga menawarkan kemudahan dalam pembuatan blog. Tampilannya tidak kalah menarik dengan platform yang sudah ternama.

Pen.io


Proses pembuatan tulisan pada pen.io sangat mudah. Kita dapat membuat sebuah halaman blog hanya dalam hitungan menit, walaupun tanpa proses registrasi sama sekali, kita bisa langsung memposting tulisan kita.

Saran Terbaik dari Kami dalam Membuat Blog


Selain platform yang kami sebutkan diatas, masih banyak lagi yang tersedia dan dapat anda akses dengan mudah. Namun dari sekian banyak platform tersebut tentunya kita akan memilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita. Oleh karena itu, dalam menentukan pilihan tentunya kita tidak perlu mencoba semuanya melainkan cukup bertanya ke orang-orang yang sudah pernah menggunakannya atau mencari informasi melalui pembahasan-pembahasan yang tersedia di blog orang yang membahas tentang hal tersebut.

Berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan dan melalui informasi yang kami temukan pada beberapa postingan di blog pengguna masing-masing platform tersebut, kami membuat kesimpulan yang tentang beberapa platform tersebut terkait dengan berbagai aspek yang menjadi pertimbangan.

Dalam kaitannya dengan tulisan kami sebelumnya, kami merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan salah satu platform sebagai media untuk memulai karir anda di dunia blogging yaitu menggunakan Blogger/Blogspot.

Mengapa memilih blogger? Karena selain mudah dan sederhana, blogger telah terkoneksi dengan akun google anda sehingga tidak ribet ketika membuat akun. Pemilik platform ini juga sudah sangat terpercaya, perusahan raksasa didunia internet sehingga tidak ada keraguan lagi dalam penggunaannya.

Saat mahir menggunakan fitur gratis pada blogger dan ingin meningkatkan domain ke Top Level Domain (TLD), tulisan-tulisan yang anda buat sebelumnya dapat di akses dan terintegrasi dengan domain milik anda tanpa ribet.

Masih banyak hal yang menjadi pertimbangan termasuk pertimbangan finansial, sehingga sebagai langkah awal kami menyarankan anda menggunakan terlebih dahulu di Blogger/Blogspot. Setelah mahir anda dapat lanjut menggunakan wordpress.

Tentang cara membuat blog di Blogger dapat anda baca pada tulisan kami sebelumnya yang berjudul: "Cara Buat Blog di Blogger Terlengkap untuk Pemula".

Blogger dan Wordpress saling bersaing dalam hal menarik minat pengguna. Hal ini dikarenakan memang kualitas yang mereka tawarkan sesuai dengan harapan para pengguna media online.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat. Silakan kembali ke halaman utama pembahasan tentang blog yang berjudul "Ternyata Membuat Blog Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Utama".

Posting Komentar