Memanfaatkan Afiliasi dan Blogging sebagai Peluang Penghasilan

Afiliasi merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara yang dapat digunakan oleh para blogger dalam menghasilkan uang secara online. Walaupun bukan merupakan satu-satunya cara, namun afiliasi sendiri banyak digunakan oleh para blogger dan terbukti memberikan penghasilan. Jumlah pendapatan mereka bervariasi tergantung jumlah pengunjung blog. Semakin ramai pengunjung blog semakin besar memiliki peluang penghasilan.

Cara kerja afiliasi pada dasarnya adalah membuat tautan di blog yang kita miliki menuju ke situs atau web perusahaan yang akan memberikan bayaran kepada kita. Cara kerja dan jumlah bayaran tergantung yang disepakati bersama perusahan tersebut sebelumnya. Ada yang dilakukan pembayaran ketika pengunjung blog melakukan klik tautan, melakukan tindakan pembelian dari tautan, melakukan instal perangkat dan lain-lain.

Beberapa hal perlu diperhatikan juga dalam melakukan afiliasi agar dapat meningkatkan pendapatan, termasuk beberapa kebijakan standar yang ditetapkan oleh perusahan lain perlu diperhatikan. Berikut ini akan kami bahas beberapa bagian yang dapat menjadi perhatian penting jika memilih afiliasi menjadi salah satu sumber pendapatan blog anda.

Afiliasi dan Blogging
Afiliasi dan Blogging

Memilih Afiliasi


Banyak perusahaan yang menawarkan program afiliasi bagi para blogger dengan jenis dan kebijakan yang berbeda-beda pula. Ada yang hanya dibutuhkan pendaftaran dan mengirimkan alamat blog dan sedikit data pemilik blog dan beberapa informasi tambahan sebagai syarat untuk mendapatkan persetujuan dari perusahaan.

Kemudahan pendaftaran dari beberapa perusahaan berbeda-beda. Dengan kemudahan tersebut tidak serta merta kita memilih yang termudah untuk menjadi partner kita. Dan perlu diingat bahwa semudah apapun proses pendaftaran, kebijakan perusahaan selalu menyertai dalam membuat kontrak kerja dengan pemilik blog. Oleh karena itu, sebaiknya pahami terlebih dahulu kebijakan tersebut. Baik dari segi pembayaran maupun berbagai hal yang dilarang untuk dilakukan oleh para blogger.

Biasanya, semakin susah mendaftar menjadi partner afiliasi pada suatu perusahaan semakin baik peluang pendapatan yang akan didapatkan oleh para blogger. Namun perlu diingat pula bahwa kebijakan perusahan tersebut harus benar-benar diperhatikan demi kelangsungan kerja sama. Sekali melanggar maka kemungkinan besar akan dibatalkan kerjasama yang telah disetujui.

Sebaiknya pula dalam memilih perusahaan penyedia afiliasi juga mempertimbangkan tema blog anda agar klik tautan juga dapat memberikan manfaat bagi para pengunjung blog anda atau benar-benar memberikan solusi bagi para pencari informasi yang berkunjung ke blog anda. Hal ini juga dapat meningkatkan peluang klik tautan yang anda pasang di blog.

Memaksimalkan Peluang Pendapatan Afiliasi


Ketika sudah memutuskan untuk memilih jenis afiliasi yang anda ikuti, kini saatnya untuk mempertimbangkan bagaimana pengelolaan blog anda demi meningkatkan pendapatan. Termasuk juga bagaimana kita mempromosikan blog dan mengevaluasi lalu lintas terhadap tautan yang kita pasang di blog.

Sebagaimana kita ketahui bahwa jumlah klik tautan merupakan sumber mendapatkan peluang bayaran, maka kita harus meletakan tautan pada posisi yang tepat. Sesekali kita merubah posisi dan evaluasi setiap perubahan posisi yang kita lakukan. Beberapa posisi yang dapat kita evaluasi adalah pada header, sidebar, dalam konten dan footer blog. Silakan coba satu persatu, jika memungkinkan memasang tautan lebih dari satu, maka silakan pilih dari salah satu posisi tersebut. Salah satu unsur yang menjadi perhitungan dalam evaluasi ini adalah persentase klik tautan terhadap jumlah pengunjung blog. Lakukan evaluasi ini secara bertahap dengan periode waktu yang telah ditetapkan, misalnya seminggu atau sebulan demi mendapatkan hasil yang optimal.

Selain evaluasi klik tautan, kita juga perlu mengevaluasi peningkatan kunjungan blog. Normalnya kunjungan blog semakin lama akan semakin meningkat seiring dengan jumlah postingan kita. Jika terjadi sebaliknya maka ada yang perlu diperbaiki.

Silakan pelajari bagaimana meningkatkan pengunjung blog melalui tutorial yang banyak tersedia di internet. Pertimbangkan pula tampilan blog agar nyaman bagi pengunjung dan mesin pencari.

Sekali lagi yang pasti bahwa semakin ramai pengunjung blog anda maka akan semakin meningkatkan peluang penghasilan anda. Baik untuk program afiliasi maupun program lainnya di internet.

Memahami Persyaratan/Kebijakan Afiliasi


Sebagaimana yang kami sebutkan sebelumnya bahwa memahami persyaratan atau kebijakan afiliasi yang diberlakukan oleh perusahaan merupakan hal penting.

Beberapa perusahaan akan menetapkan beberapa batasan-batasan yang dapat dilakukan terhadap situs mereka maupun konten yang disediakan oleh blogger. Kita harus benar-benar memahami persyaratan tersebut. Jika gagal mematuhi panduan dan kebijakan yang mereka tetapkan maka kemungkinan akan mengakibatkan hilangnya hak yang telah diberikan sebelumnya dan kita tidak dapat lagi menjadi bagian dari program afiliasi yang mereka sediakan.

Akhir kata, selamat berkarya meningkatkan pengunjung blog. Terimakasih atas kesempatan anda mengunjungi blog ini, kehadiran anda menjadikan blog ini semakin ramai.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memanfaatkan Afiliasi dan Blogging sebagai Peluang Penghasilan"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel