Pengertian dan Sejarah Blog Lengkap

Pengertian dan sejarah blog masih merupakan bagian dari pembahasan terkait blog. Juga sangat bermanfaat untuk memaksimalkan pemahaman kita tentang blog itu sendiri. Tulisan ini merupakan bagian dari tulisan kami sebelumnya yang berjudul "Ternyata Membuat Blog Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Utama".

Pengertian Blog


Web Log atau disingkat blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan yang dimuat biasanya dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu kemudian diikuti isi yang lebih lama), namun tidak selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sebagian blog dipelihara oleh penulis tunggal, namun ada juga yang dilakukan oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, tapi ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bila sebuah kumpulan aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul dengan beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm.

Pengertian dan Sejarah Blog
Pengertian dan Sejarah Blog

Sejarah Blog


Blog merupakan hasil evolusi dari diary online, yaitu diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk publikasi online (menggunakan website).

Blog pertama adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.

Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Ketika itu blog bernama online diary, pada umumnya merupakan website yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain dan disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik. Para diarist adalah editor yang memilih link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya.

Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom”  menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. Jadi, logging the web bisa diartikan “memasuki web”, yang mana saat itu diibaratkan bahwa blogger merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.

Pada tahun 1998 baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, sehingga masih memungkinkan untuk menjelajahi semua blog.

Pada saat itu jumlah Blog masih sangat sedikit, karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog. Jadi hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer saja yang dapat menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, dan akhirnya diperpendek menjadi blog saja. Orang yang membuat dan mengelola blog disebut “blogger”.

Media blog pertama kali di populerkan oleh blogger.com yang di miliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi (di beli) oleh google.com pada akhir 2002 yang lalu, Semenjak saat itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Dengan perkembangan yang pesat, akhirnya saat ini kita tidak harus menjadi programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan oleh beberapa platform blog.

Pembahasan selanjutnya berjudul "7 Macam Platform Blog Paling Populer", jika anda telah paham tentang hal tersebut, silakan menuju ke laman utama pembahasan yang berjudul: "Ternyata Membuat Blog Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Utama". Silakan menuju tautan tersebut.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.