6 Elemen Penting yang Wajib Ada Di Blog

Salah satu upaya untuk meningkatkan Page View blog adalah dengan melengkapi elemen-elemen penting yang wajib ada di blog. Dengan adanya elemen-elemen tersebut memudahkan pengunjung blog kita untuk mengakses informasi yang kita sajikan dan dibutuhkan pengunjung.

Selain meningkatkan page view, beberapa jaringan pengiklan seperti adsense mewajibkan disediakannya di blog kita agar dapat bekerja sama dengan mereka. Oleh karena itu, pada tulisan ini kami mengatakan bahwa elemen-elemen tersebut wajib adanya.

Nah, tentunya kita semua ingin mengetahui apa saja elemen-elemen tersebut? Lanjutkan membaca!!

Berbicara mengenai elemen blog, tentunya tidak hanya sejumlah 6 elemen seperti yang kami sebutkan. Namun berbicara mengenai kebutuhan dengan mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi dalam blog itu sendiri, maka kita paling tidak hanya membutuhkan kurang lebih 6 elemen saja.

Ada elemen blog (khususnya di blogger/blogspot) yang sudah ada tanpa kita menambahkannya, namun ada pula yang kita perlu menembahkannya. Saat ini kita tidak melihat dari sisi itu, jika anda membuat blog maka perhatikanlah ketersediaan elemen-elemen yang kami sebutkan dibawah ini:

Menu Navigasi


Menu navigasi membantu pembaca blog kita untuk memilih dan memilah jenis informasi yang akan ditampilkannya sehingga dengan adanya menu tersebut pengunjung mudah mengakses informasi yang dibutuhkannya.

Menu Navigasi
Menu Navigasi


Para pengembang template biasya mendesain menu navigasi dengan gayanya masing-masing, kita tinggal menyesuaikannya dengan blog kita. Atau pada saat memilih template yang digunakan, menu navigasi dapat menjadi pertimbanggan.

Popular Post (Artikel Populer)


Popular Post atau artikel populer adalah tulisan atau artikel atau pos yang paling sering dikunjungi dalam jangka waktu tertentu (7 Hari, 30 Hari, dll sesuai pengaturan).

Popular Post atau Postingan Populer
Popular Post atau Postingan Populer

Apabila suatu tulisan sering dikunjungi maka berarti kemungkinan tulisan tersebut sering dicari oleh para pengguna media online, oleh karena itu dengan adanya widget popular post maka memberikan kesempatan setiap pengunjung blog kita untuk melihat tulisan kita yang mungkin juga menarik bagi mereka.

Artikel/Post Terkait


Artikel atau postingan atau tulisan terkait adalah artikel atau postingan atau sebutan lain yang ada kaitannya dengan tulisan atau artikel yang sedang dibaca atau terbuka.

Elemen ini berfungsi untuk menampilkan tulisan yang juga mungkin dibutuhkan pengunjung blog yang sedang membaca salah satu tulisan kita. Karena mungkin sangat logis jika kita menawarkan sesuatu yang ada kaitannya dengan apa yang sedang dicari oleh seseorang, tergantung yang bersangkutan menerima atau tidak.

Artikel Terkait
Artikel Terkait

Keterkaitan artikel dapat ditinjau dari label yang kita buat. Jika memiliki label yang sama maka akan dipilih secara acak untuk ditampilkan pada widget tersebut.

Pada blogger/blogspot tidak tersedia untuk menambahkan widget tersebut. Kita membutuhkan kode html eksternal untuk itu. Namun ada template yang juga telah menyediakan elemen artikel terkait, kita tinggal memilihnya.

Artikel/Post Terbaru


Tulisan yang paling terakhir dibuat akan muncul pada elemen ini. Jumlah tulisan yang ditampilkan tergantung pada pengaturan. Elemen ini juga tidak tersedia pada widget blogger/blogspot, kita perlu menambahkan kode eksternal untuk membuatnya. Namun ada penyedia template yang sudah menyediakan secara khusus.

Biasanya pengunjung blog yang sudah berlangganan tulisan akan menunggu tulisan-tulisan terbaru yang muncul, maka melalui elemen ini mereka dapat menemukan tulisan-tulisan terbaru yang mungkin sesuai dengan minat mereka.

Selain itu, elemen ini juga berfungsi untuk meningkatkan page view tulisan yang masih baru sehingga lebih mudah dikenal oleh mesin pencari. Karena tulisan yang masih baru tentunya belum mendapatkan peringkat yang bagus dimesin pencari seperti google.

Jika hanya mengharapkan munculnya tulisan tersebut dari mesin pencari maka akan membutuhkan waktu lama, sehingga dengan adanya elemen artikel terbaru maka tulisan-tulisan yang belum dikenal oleh mesin pencari dapat dengan mudah dibaca oleh pengunjung setia blog kita.

Label/Kategori


Label atau kategori merupakan pengelompokan tulisan kita berdasarkan jenis tertentu sesuai yang kita buat sebelumnya. Dengan adanya elemen ini maka akan memudahkan pengunjung blog untuk mencari tulisan yang memiliki keterkaitan atau membahas masalah yang sama.

Suatu blog tentunya akan membahas beberapa jenis pembahasan yang dikelompokan pada label masing-masing. Label-label tersebut akan tampil pada widget yang akan kita tampilkan.

Pembuatan elemen ini dapat dilakukan dengan mudah, yaitu melalui tata letak (khusus blogspot) lalu tambah widget, cari label dan klik tambahkan. Sama seperti menambahkan widget lainnya.

Arsip Blog


Arsip blog menampilkan seluruh isi tulisan atau postingan yang kita buat. Biasanya ditampilkan berdasarkan bulan. Pembuatannya cukup mudah, sama dengan kita menambahkan label.

Fungsi dari elemen ini untuk memudahkan pembaca atau pengunjung blog kita mengakses seluruh isi blog kita.

Untuk kembali ke halaman pembahasan utama tentang blog silakan menuju halaman berjudul "Membuat Blog Hingga Menjadi Sumber Penghasilan Utama".

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Elemen Penting yang Wajib Ada Di Blog"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel