9 Manfaat Blog yang Penting untuk Diketahui

Manfaat blog atau memiliki dan mengelola blog perlu diketahui dan disosialisasikan kepada para pengguna media online sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi setiap orang untuk mengembangkan potensi dan sumberdaya sehingga lebih produktif.

Banyak hal yang akan kita peroleh dengan memiliki dan mengelola blog. Pemanfaatannya tergantung kebutuhan dan selera masing-masing, oleh karena itu silakan simak beberapa manfaat yang di dapat dari memiliki dan mengelola media yang dapat diperoleh dengan mudah namun memberikan manfaat yang maksimal.

Manfaat Blog
Blog di Blogger (Blogspot)

Adapun manfaat yang kami maksudkan tersebut adalah sebagai berikut:

Memudahkan dalam Berbagi Informasi


Biasanya seseorang ingin membagikan informasi dengan sasaran yang lebih banyak, memiliki fasilitas berbagi yang memadai serta mudah dalam pengerjaannya. Maka dari itu, kita dapat memanfaatkan blog untuk tujuan itu.

Walaupun bukan satu-satunya media yang dapat dijadikan tempat untuk berbagi informasi, namun perlu dilihat beberapa kelebihan yang dimiliki blog dibanding media lainnya. Misalnya beberapa platform blog menyediakan tools yang lengkap sehingga dengan mudah kita membuat dan memodifikasi berbagai jenis informasi yang kita bagikan sesuai kebutuhan.

Menambah Wawasan


Dengan memiliki dan mengelola blog, tentunya kita banyak mempelajari berbagai hal terkait dengan materi yang akan kita isi pada blog tersebut. Ilmu yang kita miliki akan terus terasah karena kita pastinya tidak ingin apa yang kita isi pada blog tersebut terlihat asal-asalan dan terkesan pembuatnya tidak menguasai apa yang disajikannya.

Sudah barang tentu pula bahwa pemilik dan pengelola blog ketika berselancar di media online pastinya akan berpapasan dengan berbagai informasi baermanfaat yang dapat menambah wawasan. Terlebih ketika yang ditemukannya sesuai dengan minatnya, pasti akan yang bersangkutan akan tertarik untuk membaca informasi tersebut.


Melatih Ketrampilan Menulis


Untuk hal yang satu ini memang sudah pasti, terkecuali bagi orang yang hobynya hanya copy paste blog orang. Namun bila si pemilik dan pengelola blog benar-benar mengisi blognya dengan tulisan karyanya sendiri, sudah pasti dia akan terlatih untuk menuliskan ide-ide kreatifnya.

Tak jarang kita temui orang yang memang brilian dan memiliki ide-ide smart namun ketika diminta untuk menuliskannya maka dia akan merasa susah, hal ini karena dia tidak terlatih untuk menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. Dengan menjadi pengelola blog, maka kita secara perlahan akan mengasah kemampuan menulis kita hingga pada tahap tertentu kita dapat menuliskan ide-ide dengan sangat mudah, mengalir seperti apa yang sedang kita pikirkan.

Menumbukan Minat Membaca


Ketika kita membuat tulisan yang kaya akan informasi, tentunya kita harus banyak mencari referensi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka salah satu solusinya adalah dengan banyak membaca, baik melalui buku melalui informasi pada media online.

Kemauan untuk mengelola blog dengan sendirinya akan membawa kita untuk sering membaca dan mengetahui hal-hal menarik yang dapat dijadikan bahan tulisan pada blog kita.

Media Aktualisasi Diri


Bagi anda yang memang memiliki hobi menulis maka blog dapat anda jadikan salah satu media yang tepat. Apa yang anda tulis dapat tersimpan aman. Berbeda jika anda hanya menuliskan melalui lembaran-lembaran kertas yang pastinya akan usang oleh waktu.

Selain itu jika anda ingin apa yang anda tulis dapat dibaca oleh banyak orang maka anda dapat mengatur blog anda menjadi publik. Namun jika anda ingin tulisan anda tidak dapat dibaca oleh orang lain maka dapat diatur ke private.

Media Komunikasi dan Sosialisasi


Kita ketahui bersama bahwa blog memiliki akses dengan jumlah sasaran yang cukup banyak tergantung kreatifitas pengelolanya. Disisi lain, ada kegiatan, lembaga dan atau informasi tertentu yang perlu diketahui oleh banyak orang. Semakin banyak yang mengetahui maka akan semakin bagus.

Dengan blog juga orang-orang dapat saling bertukar informasi dan memberikan tanggapan satu sama lain sehingga terjalin komunikasi dua arah yang cukup baik.

Melihat dua sisi tersebut, maka sangatlah logis jika blog dijadikan media untuk komunikasi dan sosialisasi. Bahkan dalam taraf internasional pun akan memungkinkan dilakukan melalui sebuah blog. Jadi sangat disayangkan jika ada seseorang atau lembaga yang ingin agar produk yang hendak disosialisasikan namun tidak memanfaatkan blog sebagai sarananya. Apalagi saat ini perkembangan media online mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Menuangkan Ide dan Kreasi


Nah, untuk yang satu ini tidak kalah pentingnya. Tidak jarang orang memiliki bakat atau talenta tertentu tidak dapat tersalurkan untuk berkreasi dan mengembangkan bakat yang dimilikinya. Apa yang telah dilakukannya terasa mati karena tidak dapat di publikasikan untuk dinikmati oleh orang lain sehingga menimbulkan kejenuhan bagi mereka.

Perlu diketahui bahwa salah satu kebutuhan manusia adalah membutuhkan pengakuan dari orang lain. Dengan memiliki blog yang dapat menyebarkan apa yang telah dilakukan atas bakat-bakatnya maka memberikan kesempatan bagi dirinya untuk memperlihatkan kepada dunia tentang bakat atau talenta yang dimilikinya.

Media Promosi


Hal ini sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha. Dengan memiliki dan mengelola blog maka akan memberikan peluang yang sangat besar untuk mendapat respon dari sasaran usaha anda. Karena blog memang memiliki jangkauan yang sangat besar tergantung bagaimana anda mengelolanya.

Ketika ada produk baru, baik berupa produk fisik maupun jasa, maka kita dapat memperkenalkan dan menjelaskan kepada para calon pengguna melalui blog. Kita memiliki keleluasaan untuk mengatur jenis informasi yang akan diberikan kepada calon pengguna. Jadi sangat pas jika blog dijadikan sebagai tempat untuk promosi.

Sumber Penghasilan


Yang tak kalah penting dan menarik dari memiliki dan mengelola blog bahwa kita bisa menjadikan sebagai sumber penghasilan. Banyak metode yang digunakan untuk mendapat penghasilan dari blog. Baik melalui afiliasi, dropshiper, jualan produk sendiri, menggunakan jasa periklanan dan masih banyak peluang lainnya untuk mendapatkan penghasilan. Semakin ramai pengunjung di blog anda maka semakin tinggi peluang penghasilan yang akan kita dapatkan.

Mengenai hal ini akan kami bahas secara khusus pada pembahasan sebelumnya dengan judul "Ternyata Membuat Blog Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Utama". Silakan menuju laman tersebut untuk informasi lebih tentang mengelola blog.

Demikian yang dapat kami informasikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Manfaat Blog yang Penting untuk Diketahui"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel