Cara Membuat Privacy Policy Blog Di Blogger

Privacy Policy atau kebijakan privasi blog merupakan suatu halaman yang berfungsi sebagai dokumen yang memiliki keterkaitan hukum dibeberapa negara tertentu yang mana pada halaman ini akan menjelaskan kepada para pengunjung blog tentang informasi-informasi yang dikumpulkan atau digunakan ketika pengunjung mengakses blog kita.

Halaman ini sangat penting karena pada layanan google mengharuskan keberadaan halaman tersebut jika kita akan bermitra dengan layanan mereka seperti google adsense dan lainya.

Mengingat pentingya hal tersebut, maka sebaiknya kita mengetahui tentang cara pembuatan dan bagaimana menempatkannya di blog kita.

Privacy Policy atau kebijakan privasi dapat dibuat dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia. Beberapa blogger lainnya membuat halaman tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris walaupun isi blog mereka berbahasa Indonesia, hal ini dibolehkan oleh google.

Privacy Policy merupakan dokumen baku sehingga format dan isinya harus benar-benar sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan media online yang dapat digunakan secara gratis dalam pembuatannya.

Out put yang dihasilkan oleh situs online tersebut sudah memiliki format yang baku dan disesuaikan dengan kebutuhan, namun masih dalam bahasa Inggris. Bagi yang ahli bahasa, silakan diterjamahkan. Jika tidak, silakan gunakan saja dalam bahasa Inggris.

Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
  • Silakan menuju situs Privacy Policy Online, klik link tersebut dan anda akan diarahkan ke situs pembuat teks Privacy Policy.
  • Pada halaman tersebut, selakan isi data sesuai yang diminata. Adapun tampilannya adalah sebagai berikut:

Membuat Privacy Policy Blog Online
Membuat Privacy Policy Blog Online

Keterangan:
  1. Your Site Titel : Isi dengan Nama Blog anda. (Contoh : Suara Hati)
  2. Your Site URL : isi dengan URL blog anda. (Contoh : www.suarahati.id)
  3. Contact Link : isi dengan URL halaman kontak blog anda. (Contoh : https://www.suarahati.id/p/hubungi-kami.html)
  4. Cookies : Aktifkan Yes. My site use cookies.
  5. Advertisers on your site : centang iklan yang anda gunakan pada blog anda, misalnya Google adsense. Jika kemudian hari anda menggunakan iklan lainnya di blog anda, maka anda dapat menambahkannya secara manual nantinya.
  • Jika sudah melakukan pengisian, silakan klik "Generate HTML". Setelah itu akan terbuka tab baru yang berisi HTML privacy policy anda. Silakan copy HTML tersebut dan pastekan ke halaman blog anda.
  • Untuk membuat halaman blog, silakan buka dashbor blog anda (blogger.com), klik Halaman >> Halaman Baru. Perhatikan gambar berikut:

Membuat Halaman Baru
Membuat Halaman Baru
  • Pada mode HTML, pastekan HTML privacy policy yang anda copy tadi, lakukan pengaturan seperlunya pada halaman blog anda tersebut lalu klik Publikasikan.

Mode HTML
Mode HTML

Demikian cara membuat Privacy Policy Blog di Blogger, semoga dapat membantu. Jika ada yang belum jelas dapat ditanyakan melalui komentar pada blog ini. Untuk pembahasan selanjutnya, silakan menuju ke tulisan sebelumnya yang berjudul "4 Halaman Penting yang Harus Ada di Blog" atau anda dapat langsung ke pembahasan utama yaitu : "Membuat Blog Hingga Menjadi Sumber Penghasilan Utama".

Posting Komentar