4 Halaman Penting yang Harus Ada di Blog

Beberapa halaman penting yang wajib ada di blog akan membuat blog menjadi lebih berkualitas karena kita telah menyediakan bagian penting yang dibutuhkan pengguna serta mematuhi beberapa kebijakan yang ditetapkan sebagian penyedia layanan atau mitra kerja seperti yang diwajibkan dalam program adsense agar kita bisa bekerja sama dengan mereka.

Banyak hal penting yang perlu dipersiapkan, namun pada kali ini kami akan membahas tentang Halaman Penting yang Harus Disediakan dalam sebuah blog dapat lebih berkualitas dan dapat mematuhi beberapa persyaratan yang diharuskan dalam bekerja sama dengan mitra tertentu.

Adapun halaman penting yang kami maksudkan tersebut adalah halaman About (tentang), Privacy Policy (Kebijakan Privasi), Daftar Isi, dan Contact (kontak). Namun sebelum membahas tentang keempat halaman tersebut terlebih dahulu kita mengetahui cara membuat sebuah halaman.

Halaman Penting
Halaman Penting

Cara membuat halaman berbeda dengan postingan walaupun dalam teknis pembuatannya memiliki banyak kesamaan. Tampilan halaman dan postingan dalam blog kita pun akan berbeda. Halaman tidak akan tampil pada daftar tulisan rutin kita. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Membuat Halaman Blog
Membuat Halaman Blog

Silakan menuju ke dashbor blogger, lalu klik halaman seperti yang ditunjukan pada anak panah pada gambar diatas lalu klik halaman baru. Selanjutnya silakan buat halaman anda sebagaimana membuat tulisan biasa.

About (Tentang)


Halaman ini menjelaskan secara singkat tentang tema pembahasan serta berbagai macam yang terkait blog anda. Seperti status kepemilikan blog apakah organisasi atau perorangan termasuk memperkenalkan siapa pemiliknya, tema pembahasan blog dibahas secara singkat dan lain-lain.

Salah satu fungsi halaman ini adalah memberikan kepercayaan kepada pengguna atau pengunjung blog anda bahwa apa yang mereka baca benar-benar blog yang dikelola oleh seseorang yang dapat mempertanggungjawabkan isi blognya. Selain itu, dengan adanya halaman ini maka akan memberikan keakraban antara pemilik blog dengan penggunanya.

Sebagai contoh, silakan lihat halaman About (tentang) blog ini. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda untuk membuatnya di blog anda.

Privacy Policy (Kebijakan Privasi)


Privacy Policy (Kebijakan Privasi) meliputi penjelasan tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi atau disetujui pengguna internet bila berinteraksi dengan blog kita. Isi Privacy Policy menjelaskan tentang penggunaan Log Files, DoubleClick Dart Cookie, Our Advertising Partners, Third Party PrivacyPolicies, Children's Information, Online Privacy policy Only, dan kebijakan privasi lainnya.

Dengan adanya halaman tersebut, maka pengguna akan mengetahui data apa saja yang akan diambil dan mereka harus menyetujuinya.

Bagi google, halaman ini menjadi syarat utama dalam pengelolaan suatu blog untuk dapat bekerja sama dengan beberapa layanan mereka, sehingga kami sarankan agar anda jangan sampai lupa membuat halaman ini.

Terdapat beberapa media online yang membantu kita untuk membuat konsep Privacy Policy yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan di dunia internet. Mengenai cara membuatnya, silakan baca pada tulisan kami yang berjudul "Cara Membuat Privacy Policy Blog Di Blogger".

Daftar Isi


Daftar isi tentunya tidak asing lagi bagi kita semua. Sebagaimana daftar isi dalam membuat atau menulis buku, maka halaman ini berisi tentang seluruh isi dari blog kita. Halaman ini berfungsi untuk mempermudah pengunjung mencari seluruh isi blog atau postingan kita.

Banyak cara untuk membuat daftar isi agar setiap posting artikel baru akan otomatis tampil di daftar isi tanpa harus menambahkan satu persatu setiap perubahan jumlah dan jenis tulisan kita.

Mengenai cara pembuatan daftar isi tersebut, silakan cari di pencarian google dengan kata kunci "Cara Membuat Daftar Isi Blog".

Contact (Kontak)


Halaman Contact (kontak) berfungsi menyediakan link bagi pembaca untuk memudahkan mereka menghubungi kita jika ada hal yang perlu ditanyakan atau dikonfirmasikan secara pribadi tanpa diketahui oleh pengguna atau pembaca lainnya.

Kontak dapat berupa email, nomor HP/WA dan form khusus yang ketika diisi oleh pengguna dan mengirimkannya maka pemilik blog akan mendapatkan pemberitahuan melalui email tentang isi dari informasi yang dikirimkan oleh pengguna/pembaca blog.

Mengenai cara membuat halaman kontak, kami merekomendasikan sebuah tulisan CB Blogger yang berjudul "Cara Membuat Formulir Kontak pada Halaman Statis Blog Di Blogger"

Itulah 4 halaman penting yang harus ada di blog, namuun selain 4 halaman tersebut ada beberapa halaman yang juga dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.

Untuk kembali ke tulisan utama tentang blog maka silakan menuju ke tulisan kami yang berjudul "Membuat Blog Hingga Menjadi Sumber Penghasilan Utama".

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Halaman Penting yang Harus Ada di Blog"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel