Membuat Blog Hingga Menjadi Sumber Penghasilan Utama

Membuat blog hingga menjadi sumber penghasilan (menghasilkan uang) banyak dibahas oleh para blogger dengan gaya penulisan yang berbeda-beda.

Pembahasan kami disini meliputi cara membuat blog sebagai pemula, mengoptimalkan blog, memelihara blog hingga menjadikannya sebagai sumber penghasilan yang cukup menggiurkan serta tips dan motivasi bagi anda yang ingin menjadi blogger sejati dan berpenghasilan.

Secara berurutan, poin penting yang ada pada tulisan ini adalah sebagai berikut:
  • Motivasi bagi anda yang ingin menjadi blogger berpenghasilan
  1. Mengapa menjadi blogger?
  2. Bukankah kemauan dan ketekunan memberikan peluang keberhasilan?
  • Gambaran Umum blog
  1. Pengertian dan sejarah blog
  2. Macam-macam platform blog
  3. Blog untuk semua orang
  4. Manfaat blog
  • Membuat blog di blogger/blogspot
  • Mengelola dan memelihara blog
  1. Desain tampilan, kelengkapan dan pengaturan blog
  2. Menghubungkan blog dengan Google Analytics dan Google Webmaster
  3. Bagikan Ke Media Sosial
  4. Tanggapi Interaksi Pengunjung
  5. Evaluasi Perkembangan Blog
  6. Jangan Melanggar Kebijakan
  • Menjadikan blog sebagai sumber penghasilan bagi pemula
  • Tantangan saat blogging serta cara mengatasinya.

Membuat Blog Menghasilkan Uang
Membuat Blog Menghasilkan Uang

1. Motivasi bagi Anda yang Ingin Menjadi Blogger Berpenghasilan


Sebagian orang enggan melakukan sesuatu yang "besar" karena "ragu akan kemampuannya".

Sebagian lagi ragu berbuat karena tidak memiliki kemampuan.

Percayalah...

Kemampuan tidak akan timbul dari suatu keraguan melainkan dari keyakinan dan usaha.

Dengan keraguan, hal mudah menjadi sulit, ringan menjadi berat, masalah kecil menjadi besar, membuat kita tak berdaya, ketergantungan dengan orang lain dan tidak produktif.

Tuhan menciptakan kita dengan segala kemampuan dan sarana yang siap kita gunakan, tinggal kita saja yang mau atau tidak memanfaatkannya.

Anehnya, ada orang yang lebih memilih mencari 1001 alasan untuk tidak berbuat daripada memilih 1001 cara untuk melakukan sesuatu demi kesuksesan.

Saat ini zaman dimana kita dengan sangat mudah mengakses informasi melalui media online.

Banyak informasi kita dapatkan disana tanpa pusing "bertanya kepada siapa".

Berbagai peluang penghasilan juga dapat kita jumpai dengan mudah hanya dengan bermodalkan paket data.

Ada yang bilang, mana mungkin bisa mengakses media onliene kalau kita gaptek?

Wah... wah... wah... Ini salah satu contoh dari 1001 cara mencari alasan.

Jika mau dan yakin akan kemampuan kita, pasti akan teratasi.

Fakta yang kami alami menjawab ketidakbenaran alasan diatas.

Kami telah membuktikan sendiri dan telah kami tuliskan pada postingan kami sebelumnya yang berjudul: Belajar Komputer Sendiri dari Nol Hingga Bisa Membuat Blog Premium.

Setelah membacanya jangan lupa kembali ke halaman ini untuk pembahasan selanjutnya.

Mengapa Menjadi Blogger?


Pertanyaan tersebut mungkin sempat terpikirkan oleh teman-teman pembaca.

Mengapa tidak ke peluang penghasilan lain seperti yang banyak ditawarkan di media online?
Apakah mereka salah menawarkan peluang kepada kita?

Tidak ada yang salah dengan segala tawaran yang ada.

Terbukti banyak diantara mereka yang sukses dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

Namun disatu sisi, kita perlu berpikir pula metode apa yang mereka gunakan, berapa modal yang mereka keluarkan, siapa dibalik kesuksesan mereka dan masih banyak lagi yang perlu dipertimbangkan.

Bukankah Kemauan dan Ketekunan Memberikan Peluang Keberhasilan?


Betul....
Dengan kemauan dan ketekunan akan menambah peluang keberhasilan.

Namun perlu diketahui bahwa untuk memasuki peluang-peluang tersebut kita butuh strategi untuk menjadi pemenang.

Tidak sedikit diantara mereka yang gagal hanya karena tidk amenggunakan metode dasar yang menjamin kelanjutan usaha online.

Sebaliknya kita perlu mencatat pula berapa banyak diantara mereka yang sukses di usaha online dengan menjadikan blog sebagai media dasar pemasaran mereka.

Coba lihat profil singkat beberapa orang blogger sukses berikut ini yang menggunakan blog sebagai sarana utama penghasilan sumber penghasilan mereka:
  1. Linda Ikeji, seorang blogger asal Nigeria yang meraup penghasilan miliaran rupiah perbulan dengan menampilkan iklan pada blognya.
  2. Eka Lesmana, seorang tukang angon bebek yang sukses meraih ratusan juta rupiah dengan menampilkan iklan pada blognya.
  3. Mas Sugeng, seorang pengangguran yang sukses menjual template dengan menggunakan blog sebagai sarana pemasaran.
  4. Herman Yudiono, beliau berhenti dari pekerjaannya dan menjadi full time blogger. Beliau berhasil meraup puluhan juta dolar dari mengelola blog.
  5. Tatan Hilyatana, meraup ratusan ribu dolar dengan menjadikan blog sebagai fasilitas afiliasi dan join venture.
  6. Masih banyak lagi kisah sukses para blogger lainnya yang memanfaatkan blog mereka sebagai sarana usaha, baik periklanan, afiliasi, dropshiper, reseler maupun menjual produk sendiri atau mengkombinasi beberapa jenis usaha. Silakan browsing di google, anda akan menemukan banyak kisah sukses para blogger yang dapat memotivasi kita untuk terus berbuat.

Dari beberapa profil para blogger sukses yang sempat kami baca, satu kesimpulan besar yang tetap kami jadikan motivasi sampai saat ini adalah "Berbuat".

Ilmu yang kita peroleh tanpa perbuatan tidak akan ada hasilnya.

Membaca ribuan buku tanpa menerapkan isinya takan ada gunanya, semuanya akan sia-sia tersimpan di kepala.

Sekali lagi, silakan BERBUAT.

2. Gambaran Umum Blog


Blog bukan lagi hal baru, namun masih ada sebagian orang yang belum memahami konsep umum tentang blog. Oleh karena itu, kami akan memberikan gambaran umum tentang blog demi memberikan pemahaman menyeluruh kepada teman-teman yang ingin mengelola blog hingga menjadi sumber penghasilan.

Pengertian dan Sejarah Blog


Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa kita butuh pemahaman yang menyeluruh untuk bisa berbuat maksimal mengelola blog, maka dari itu perlu sedikit pengantar tentang pengertian dan sejarah blog untuk menjadi dasar kita dalam pembahasan selanjutnya.

Pembahasan tentang pengertian dan sejarah blog kami bahas secara terpisah pada tulisan yang berjudul "Pengertian dan Sejarah Blog Lengkap". Jika anda ingin membacanya silakan menuju link tersebut, jika tidak maka lanjutkan membaca pada halaman ini.

Macam-Macam Platform Blog


Mengetahui macam-macam platform blog akan membantu anda dalam membuat keputusan ketika memilih media mana yang anda gunakan untuk membuat dan mengelola blog anda.

Hal ini cukup penting karena masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun bagi kami, kelebihan dan kekurangan tersebut relatif tergantung kebutuhan anda.

Seperti halnya dengan pembahasan Pengertian dan Sejarah Blog, macam-macam platform blog juga kami bahas pada halaman terpisah. Setelah membaca pada halaman tersebut, anda masih dapat kembali pada halaman ini karena kami telah menyediakan link kembali.

Untuk menuju pembahasan tentang platform blog, silakan menuju tulisan kami yang berjudul "7 Macam Platform Blog Paling Populer".

Blog untuk Semua Orang


Terkadang ada anggapan bahwa blog hanya diperuntukan bagi orang ahli coding, programer atau para penjual online.

Padahal, jika dilihat dari segi peruntukannya, blog dapat digunakan oleh siapa saja.

Termasuk bagi orang yang hanya sekedar mencari tempat menulis diary-nya tanpa dibaca oleh orang lain atau membagikan kisah perjalanan hidupnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pembuatan blog didesain sedemikian rupa oleh para penyedia blog agar lebih memudahkan bagi para penggunanya.

Hanya dengan beberapa langkah saja kita sudah dapat memiliki blog yang profesional.

Blog juga dapat digunakan bagi orang yang hanya sekedar ingin menyalurkan hoby menulis, baik tulisan yang sifatnya pribadi maupun publik atau untuk dibaca oleh banyak orang.

Yang paling menakjubkan dari pembuatan blog bahwa seiring berjalannya waktu, kita akan semakin terkenal. Kunjungan akan semakin meningkat dan otomatis berbagai peluang penghasilan akan datang dengan sendirinya, kita tinggal memilih peluang mana yang akan kita ambil.

Manfaat Blog


Blog mempunyai manfaat yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan hingga blog dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Memahami manfaat juga merupakan bagian penting untuk menjadi seorang blogger.

Jika kita tidak mengetahui apa manfaat yang kita lakukan maka pastinya kita tidak akan sungguh-sungguh untuk melakukannya.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang blogger terlebih dahulu kita mengetahui manfaat apa yang akan dapatkan nantinya.

Pembahasan mengenai manfaat blog kami bahas pada halaman lain yang berjudul "9 Manfaat Blog yang Penting untuk Diketahui". Silakan menuju link tersebut.

3. Membuat Blog Di Blogger/Blogspot


Untuk saat ini kami hanya memberikan informasi tentang cara membuat blog di blogger/blogspot. Hal ini berdasarkan atas beberapa pertimbangan yang menjadikan blogger/blogspot pantas untuk digunakan.

Jika membaca dari awal tulisan ini, tentu anda sudah tau apa itu blogger/blogspot. Anda juga pasti penasaran bagaimana langkah-langkah pembuatannya.

Sebagai langkah awal terlebih dahulu kita akan membuat blog versi gratis di blogger. Mengenai cara pembuatannya silakan menuju pada tulisan kami yang berjudul "Cara Membuat Blog di Blogger Terlengkap untuk Pemula".

Pada langkah tersebut diatas, anda hanya memiliki blog dengan subdomain dari blogspot. Jika anda sudah merasa yakin dan hendak merubahnya ke custom domain (TLD) atau menggunakan domain sendiri, maka kami merekomendasikan tulisan Mas Sugeng yang berjudul "Cara Mengganti Blogspot.Com dengan Domain Sendiri (Custom Domain)", karena disinilah awal mula kami belajar tentang metode tersebut hingga berhasil memiliki blog yang menggunakan custom domain.

4. Mengelola dan Memelihara Blog


Setelah membuat blog, hal yang perlu dilakukan adalah mengelola dan memeliharanya hingga dapat memenuhi harapan dan dapat memberikan penghasilan.

Sama halnya menjual jasa, tentunya kita akan menyediakan jasa dengan pelayanan terbaik bagi pelanggan kita agar pelanggan kita puas dan setia pada jasa yang kita sediakan.

Demikian halnya dengan blog, tentunya kita tidak ingin blog sepi pengunjung dan mengecewakan para pembaca dan akhirnya mereka segera meninggalkan blog kita.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa semakin ramai sebuah blog maka semakin berpeluang untuk memberikan penghasilan. Oleh karena itu, kualitas blog harus menjadi perhatian utama, baik di mata pengunjung maupun mesin pencari (serach engine).

Banyak tips yang disediakan oleh para blogger tentang cara mengelola dan memelihara blog agar dapat meningkatkan pengunjung. Tips-tips tersebut cukup baik untuk diterapkan, tergantung bagaimana anda mencari, memahami dan menerapkan tips tersebut.

Pada bagian ini, kami akan membagikan tips tentang beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengelola dan memelihara blog sehingga menjadi lebih berkualitas baik bagi pengunjung mapupun bagi mesin pencari dan akhirnya dapat meningkatkan jumlah pengunjung, yaitu:

Desain Tampilan, Kelengkapan dan Pengaturan Blog


Membahas mengenai tampilan blog tentunya tidak terlepas dari template yang kita gunakan. Bijaklah dalam memilih template.

Memberikan tampilan blog yang indah dan menarik tidak harus berlebihan karena akan berdampak pada loading blog.

Buatlah tampilan blog yang sederhana, menarik dan memenuhi kebutuhan pengguna saat berkunjung di blog kita.

Beberapa elemen blog yang dibutuhkan adalah menu, pencarian, popular post, post terbaru, tombol bagikan, label dan arsip blog.

Penjelasan selengkapnya mengenai elemen blog tersebut dapat anda baca pada tulisan kami yang berjudul "6 Elemen Penting yang Wajib Ada Di Blog".

Jangan lupa melengkapi blog dengan menu laman yang dipersyaratkan seperti Daftar Isi, Privacy Policy (Kebijakan Privasi), About, dan Kontak. Pembahasan selengkapnya dapat anda baca pada tulisan kami yang berjudul "4 Halaman Penting yang Harus Ada Di Blog".

Selain kelengkapan halaman tersebut diatas, terdapat juga beberapa pengaturan di dashbor blogger yang sangat mempengaruhi kualitas blog, silakan baca tulisan kami yang berjudul "Pengaturan Blog di Dashbor Blogspot yang Harus Dilakukan".

Menghubungkan Blog dengan Google Analytics dan Google Webmaster


Langkah ini penting namun sering dilupakan oleh blogger pemula.

Menghubungkan blog dengan Google Analytics dan Google Webmaster memiliki manfaat yang sanggat membantu dalam meningkatkan kunjungan blog melalui search engine.

Kedua langkah tersebut dapat anda baca pada:
  1. "Cara Memasang Google Analytics Ke Blog di Blogspot" dan 
  2. "Cara Memasang Google Webmaster Ke Blog di Blogspot".

Update Konten


Tugas selanjutnya adalah membuat konten berkualitas secara rutin.

Kami tidak memiliki referensi mengenai jumlah update konten setiap hari atau setiap minggu, yang pasti bahwa kualitas menjadi prioritas.

Ushakan mereka tertarik membaca tulisan kita secara keselurhan dan memberikan reaksi, misalnya berkomentar, membagikan tulisan atau melakukan klik link yang ada di blog kita.

Mengenai tips langkah membuat konten yang berkualitas, kami merekomendasikan sebuah tulisan dari Mas Darmawan pada blognya PanduanIM dengan judul tulisan "9 Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Website agar Mendapat Peringkat 1 Di Google"

Bagikan Ke Media Sosial


Penggunaan media sosial saat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Peluang ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kunjungan blog.

Walaupun tidak bertahan lama, media sosial sangat membantu meningkatkan kujungan blog.

Peluang keterlihatan blog tidak hanya bergantung pada search engine, semakin dibagikan maka semain banyak pengunjung.

Media sosial yang dapat digunakan misalnya facebook, twitter, google plus dan lain-lain.

Namun demikian, dalam membagikan artikel anda ke media sosial harus memperhatikan beberapa aturan main atau kebijakan yang berlaku agar tidak dianggap melakukan spaming.

Tanggapi Interaksi Pengunjung


Reaksi pengunjung blog bermacam-macam, ada yang berkomentar, bertanya, membagikan, mejiplak atahu bahkan hanya sekedar lewat saja.

Untuk membangun kepercayaan, maka kita harus menanggapi setiap reaksi yang ada, khususnya pertanyaan.

Jangan lupa pula memfilter reaksi negatif yang merugikan seperti komentar yang menyisipkan link yang tak bermanfaat dan tidak ada hubungan dengan tema tulisan.

Evaluasi Perkembangan Blog


Seperti halnya pekerjaan lainnya, evaluasi merupakan bagian yang membantu untuk mendeteksi peluang dan hambatan.

Demikian pula dengan blog, peluang dan hambatan akan diketahui seiring berjalannya waktu.

Indikator paling utama dalam mengevaluasi perkembangan blog adalah jumlah kujungan.

Jika blog tidak mengalami perubahan atau penambahan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu, maka kemungkinan ada yang salah pada blog kita atau mungkin ada langkah yang terlewati.

Segera lakukan perbaikan......

Media yang dapat digunakan untuk evaluasi adalah Google Analytics dan Google Webmaster.

Itulah alasan mengapa pada bagian atas kami menyarankan anda menghubungkan blog dengan kedua media tersebut.

Jika belum dihubungkan, silakan lakukan.,,!!!

Mengenai caranya silakan menuju link yang kami sediakan diatas.

Jangan Melanggar Kebijakan


Setiap lembaga organisasi memiliki aturan main masing-masing, demikian pula yang berlaku di media online.

Untuk dapat bertahan dan menggunakan secara nyaman kita perlu mematuhi aturan main yang berlaku atau resiko akan anda tanggung.

Mematuhi kebijakan berlaku untuk semua penyedia layanan jika kita ingin menggunakannya, termasuk penggunaan media sosial seperti yang kami sebutkan diatas.

Banyak persyaratan kebijakan yang harus dipatuhi, namun menurut kami yang paling penting adalah jangan melanggar apa yang dilarang.

Resiko terbesar adalah blog anda akan dihapus dan anda tidak dapat mengaksesnya lagi.

Resiko lainnya dapat berupa blog anda tidak dapat ditemukan di mesin pencarian (search engine) google.

Sebagai penyedia layanan online terbesar, kebijakan google dapat dijadikan acuan dalam hal persyaratan konten. Kunjungi "Konten Terlarang dan Konten yang Dibatasi" yang tidak boleh ada diblog kita agar dapat menggunakan fasilitas mereka dengan nyaman.

5. Menjadikan Blog sebagai Sumber Penghasilan bagi Pemula



Banyak sumber, baik online maupun offline, memang sangat logis jika banyak orang berpendapat bahwa blog merupakan sumber daya untuk mendapatkan penghasilan atau uang.

Tapi ingat...

Peluang penghasilan tidak ada jika blog masih sepi pengunjung. Oleh karena itu, sebaiknya kita fokus dulu meningkatkan jumlah pengunjung baru berpikir mendapatkan uang dari blog.

Lambat laun pengunjung blog akan berdatangan, oleh karena itu kita harus siap merencanakan peluang yang digunakan.

Untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, maka silakan menuju tulisan kami yang berjudul "6 Peluang Penghasilan bagi Blogger Pemula".

6. Tantangan saat blogging serta cara mengatasinya


Sekilas proses yang dilakukan akan mudah untuk mendapatkan keuntungan/penghasilan yang banyak.

Namun dibalik itu semua, kita juga tidak terlepas dari berbagai masalah yang akan menghambat pencapaian tujuan.

Detail mengenai tantangan yang akan menjadi masalah dan mungkin akan kita hadapi untuk menjadi blogger berpenghasilan dapat anda baca pada halaman yang berjudul "4 Tantangan Besar Para Blogger Serta Cara Mengatasinya".

Itulah informasi dasar mengenai cara membuat blog hingga menjadi sumber penghasilan utama. Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi atau tambahan pengetahuan untuk kita semua.

Silakan bagikan tulisan ini melalui media sosial, mungkin ada teman lain yang membutuhkan dan kita akan mendapatkan manfaat bersama, baik dunia maupun akhirat. Amin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Membuat Blog Hingga Menjadi Sumber Penghasilan Utama"

  1. Wah memotivasi sekali mas.
    Kapan2 mampir di blog saya kurangnya apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungan di blog ini.
      Blog Mas Bendoel sudah bagus cuma kalau bisa menyarankan silakan maksimalkan widget yang ada agar sesuai dengan fungsinya.
      Jika akan digunakan untuk mendaftar adsense sebaiknya blog tersebut hanya membahas satu tema saja. Jika ingin lebih maksimal lagi silakan gunakan domain TLD.

      Hapus

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel