6 Peluang Penghasilan bagi Blogger Pemula

Peluang untuk mendapatkan penghasilan dari mengelola blog sangat mudah walaupun dia sebagai blogger pemula. Yang dibutuhkan hanyalah ketekunan meningkatkan pengunjung blog.

Ketika pengunjung sudah banyak maka dengan sendirinya peluang tersebut akan datang. Kita tinggal memilih metode apa yang kita akan gunakan.

Inilah beberapa peluang penghasilan yang dapat digunakan untuk blogger pemula:

Memasang iklan PPC


Iklan PPC (Pay Per Click) adalah cara mendapatkan uang melalui jumlah klik iklan yang dipasang di blog. Untuk dapat memasang iklan PPC kita perlu mendaftar terlebih dahulu ke penyedia layanannya.

Semakin banyak pengunjung blog semakin banyak peluang klik, semakin banyak klik maka semakin tinggi penghasilan kita.

Banyak penyedia layanan PPC, namun sampai saat ini yang paling besar bayarannya dan dikelola secara profesional adalah PPC yang disediakan Google Adsense.

Peluang Penghasilan Blogger
Peluang Penghasilan Blogger

Mengikuti program afiliasi


Afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan mempromosikan produk atau jasa orang lain. Kita akan mendapatkan bayaran dari jumlah produk atau jasa yang terjual atas promosi yang kita lakukan. Jumlah bayaran yang diberikan berbeda-beda dari tiap penyedia afiliasi.

Pada metode ini, kita tidak perlu membeli atau stok barang melainkan kita hanya memasang link afiliasi yang diberikan oleh penyedia produk atau jasa pada blog kita.

Ketika pengunjung blog melakukan klik pada link tersebut dan bertransaksi, maka secara otomatis kita akan mendapat sejumlah persen bayaran dari hasil penjualan tersebut.

Menyediakan space (ruang) iklan mandiri di blog kita


Space (ruang) iklan yang dimaksud disini adalah kita menyediakan tempat iklan yang dapat digunakan bagi orang lain yang akan mempromosikan produk mereka.

Untuk menggunakan ruang tersebut mereka akan membayar kepada kita dengan jumlah sesuai harga yang kita tetapkan. Semakin ramai blog kita maka akan semakin mahal setiap slot iklan yang akan dipasang. Biasanya orang akan memberi tarif per bulan.

Perumpamaan dari metode ini adalah kita membangun suatu kompleks ruko dan orang lain akan menyewanya.

Bedanya adalah ruko dalam bentuk fisik sedangkan blog hanya di dunia maya. Keramaian pengunjung ruko sangat sukar untuk dimodifikasi sedangkan pada blog dapat dengan mudah diupayakan tergantung bagaimana kita mengelola blog tersebut.

Menjual produk sendiri


Jika kita memiliki produk yang dapat dijual secara online, kita dapat memanfaatkan blog kita sebagai media promosi penjualan.

Peluang penjualan juga tergantung keramaian blog dan tema pembahasan pada blog kita. Jika kita menjual pakaian, maka paling tidak tema pembahasan blog kita tentang fashion.

Demikian pula dengan jenis jualan yang lainnya sebisa mungkin sesuai dengan tema pembahasan dalam blog kita.

Menjual Jasa


Hampir sama dengan metode penjualan produk, menjual jasa juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan blog.

Tergantung jenis jasa yang kita tawarkan. Hal ini berkaitan dengan sasaran dan jenis jasa yang kita tawarkan. Karena sebagian pengunjung blog kita adalah orang yang berasal dari tempat berjauhan.

Melakukan Drop Shipping


Dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/supplier/produsen.

Berbeda dengan afiliasi, pada dropshiping pemilik blog (dropshipper) terlibat dalam proses transaksi, harga dapat ditentukan oleh pemilik blog yang menjual kembali barang tersebut sehingga keuntungan dapat bervariasi walaupun satu distributor. Sedangkan pada afiliasi, pemilik blog hanya mendapatkan komisi dari setiap penjualan dan tidak terlibat dengan proses transaksi.

Itulah beberapa peluang penghasilan bagi pra blogger yang dapat digunakan oleh para blogger pemula. Masih banyak peluang lainnya yang dapat digunakan bagi seorang blogger, namun kami mengkategorikan 6 peluang tersebut yang paling cocok digunakan untuk blogger pemula.

Untuk menuju ke halaman pembahasan utama, silakan menuju tulisan berikut : "Membuat Blog Hingga Menjadi Sumber Penghasilan Utama".

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "6 Peluang Penghasilan bagi Blogger Pemula"

  1. sangat bermanfaat gan artikelnya, awalnya sempet bingung negeblog itu hasilnya darimana, sekarang sudah ada pencerahan , patutu di coba nih ke 6 peluangnya.

    BalasHapus

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel