Pengaturan Blog di Dashbor Blogspot yang Harus Dilakukan

Blog yang ramai pengunjung menjadi impian para blogger sehingga upaya-upaya memaksimalkan pengelolaan blog dilakukan untuk tujuan tersebut. Salah satunya adalah melakukan pengaturan blog di dashbor blogspot bagi yang menggunakan layanan blogspot. (untuk wordpress akan dibuat pada pembahasan terpisah).

Mengapa harus dilakukan pengaturan?


Karena pada posisi default blogspot masih diperuntukan bagi seluruh penggunanya. Sehingga untuk menyesuaikan kebutuhan, baik dari segi wilayah, tema pembahasan maupun beberapa pengaturan keamanan.

Dengan melakukan pengaturan tersebut maka kita memberikan signal kepada mesin pencari tentang kebutuhan sebagaimana yang kami sebutkan diatas.

Bagaimanakah langkah-langkah melakukan pengaturan tersebut?


Silakan perhatikan tahapan-tahapan berikut:

Pada dashbor blogspot, silakan menuju "Setelan" (pada bagian gambar gigi roda).

Disana anda akan menemukan 7 bagian yang membutuhkan pengaturan. Dari ke-7 pengaturan tersebut tidak semua harus dilakukan pengaturan. Kita hanya mengatur beberapa bagian saja sesuai kebutuhan.

Ketujuh pengaturan tersebut terdiri dari:
  1. Dasar;
  2. Posting, komentar dan berbagi;
  3. Email;
  4. Bahasa dan pemformatan;
  5. Preferensi penelusuran;
  6. Lainnya; dan
  7. Setelan Pengguna.

Adapun penjelasan dari masing-masing bagian tersebut adalah sebagai berikut:

Dasar


Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting. Terdapat beberapa bagian pengaturan namun yang perlu anda edit adalah seperti yang kami beri tanda panah pada gambar berikut:

Pengaturan Blog di Blogspot
Pengaturan Blog di Blogspot


Keterangan:
  1. Pada bagian deskripsi, silakan isi dengan deskripsi blog anda, yaitu tulisan yang menggambarkan keseluruhan tema pembahasan blog anda.
  2. Pada bagian HTTPS, silahkan pilih "Ya".

Posting, Komentar dan Berbagi


Seluruh bagian ini dapat menggunakan setelan default, artinya kita bisa tidak melakukan pengaturan apapun. Biarkan dalam posisi yang disediakan oleh blogspot, kecuali jika anda membuat perubahan tertentu sesuai keinginan anda.

Email


Bagian ini juga dapat menggunakan setelan default seperti yang ada diatas.

Bahasa dan Pemformatan


Bagian yang perlu diatur disini adalah pada zona waktu. Silakan sesuaikan dengan zona waktu anda. Jika anda pada berada di wilayah Indonesia bagian barat, maka anda dapat menggunakan zona (GMT + 07:00) Jakarta. Silakan menyesuaikan.

Preferensi Penelusuran


Disin juga merupakan bagian sangat penting. Silakan lakukan pengaturan pada Tag Meta > Deskripsi. Silakan isi dengan deskripsi blog yang mewakili keseluruhan pembahasan pada blog anda. Kata-kata yang digunakan harus singkat, padat dan jelas karena kita hanya diperbolehkan sebanyak 150 karakter.

Lainnya


Pada setelan ini, silakan atur bagian Feed Situs > Izin Feed Blog. Silakan ubah menjadi "Singkat". Hal ini dapat pula menghidari terjadinya pencurian konten blog.

Pada bagian paling bawah, ada pengaturan untuk Google Analytics > ID Properti Web Analytics. Silakan isi dengan nomor ID Google Analytics anda.

Setelan Pengguna


Pada bagian ini dapat dibiarkan pada posisi default, kecuali anda ingin menampilkan profil blog anda sebagai profil akun blogger.


Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Untuk menuju ke halaman utama pembahasan terkait blogging, silakan menuju tulisan yang berjudul "Membuat Blog Hingga Menjadi Sumber Penghasilan Utama".

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengaturan Blog di Dashbor Blogspot yang Harus Dilakukan"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel