Mengatasi Rasa Malas Menulis Konten Blog

Kendala atau hambatan paling besar dalam membangun sebuah blog adalah hadirnya rasa malas untuk menulis atau membuat tulisan di blog. Banyak hal yang mempengaruhi timbulnya rasa malas tersebut seperti kehabisan ide atau rasa malas yang timbul begitu saja tanpa alasan.

Jujur saja, saat menulis tulisan ini kami mengalami perasaan tersebut yang menurut kami bukan karena kehabisan ide melainkan rasa malas itu datang begitu saja tanpa alasan yang jelas. Bukan hanya saat ini melainkan selalu datang berkali-kali. Oleh karena itu, kami mencoba mencari cara untuk mengatasi perasaan tersebut.

Mengatasi Rasa Malas


Adapun langkah-langkah yang kami lakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

Apabila belum jadwal harus menulis atau membuat konten blog, silakan istrahatkan dulu pikiran anda agar menjadi rileks, mungkin saja saat itu kita sedang kecapean atau kurang stamina sehingga perasaan malas pasti akan datang dengan sendirinya. Setelah pikiran atau stamina telah siap baru mulai fokus untuk membuat tulisan atau konten blog.

Rasa Malas
Rasa Malas

Jika perasaan malas itu masih saja ada, paksakan untuk membuka tab/laman untuk mengedit/membuat tulisan diblog kita sehingga apa yang kita lihat di depan layar komputer/laptop hanyalah laman tempat menulis. Ibaratnya kita telah mengambil selembar kertas dan pulpen dan siap untuk menulis.

Dalam kondisi ini, silakan tuliskan apa yang nyaman untuk di tuliskan dan tetap upayakan pembahasannya berkaitan dengan tema blog kita (disesuai-sesuaikan) agar pembahasan tidak melenceng dari tema blog kita.

Jangan paksakan menulis terlalu banyak, biarkan kata-kata mengalir apa adanya hingga mencapai target jumlah kata yang baik dalam sebuah tulisan blog.

Begitu pula bila rasa malas muncul karena kehabisan ide, kita pastinya juga akan pusing tujuh keliling di depan laptop/komputer untuk membuat tulisan dan akhirnya muncul rasa bosan dan kembali menutup laptop kita atau hanya sekedar bolak balik membuka tab statistik blog.

Pada kondisi ini, upayakan pula untuk 'merefresh' pikiran kita. Jika masih ada beban pikiran atau kegiatan lain yang sedang dipikirkan, maka selesaikanlah terlebih dahulu. Dalam kondisi istirahat tersebut kita sambil peka terhadap ide yang terbersit dalam pikiran kita. Jika sejenak terlintas ide yang bagus, segera buka laptop/komputer untuk menuliskan apa yang terpikirkan. Jangan sekali-kali beralih tujuan, artinya setelah membuka laptop lalu anda mencari materi lain sebelum menuliskan beberapa kalimat yang sudah anda pikirkan tadi.

Jika beberapa metode tersebut anda lakukan, kemungkinan besar ide menulis dan perasaan malas akan segera teratasi dan blogging semakin lancar.

Dari rasa malas itu, akhirnya saat ini saya berhasil membuat sebuah tulisan untuk blog dan beberapa ide lainnya telah bermunculan serta rasa malas mulai hilang.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang melawan rasa malas menulis untuk konten blog kita. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengatasi Rasa Malas Menulis Konten Blog"

Posting Komentar

Terima Kasih untuk Kesempatan dan Kesediaan Anda Memberikan Tanggapan Melalui Kolom Komentar yang Tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel